AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa yang akrab disapa HL memberikan dukungan penuh terhadap PT Bank Tabungan Negara (Persero) karena dianggap memiliki andil besar dalam penyediaan perumahan bagi rakyat.

Dukungan ini disampaikan Lewerissa kepada Siwalimanews usai menghadiri kegiatan sosialisasi Kementerian BUMN dengan tema Peluang dan Tantangan Pembiayaan Perumahan yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Ambon, Senin (17/4).

Menurut HL, sebagai BUMN, BTN memiliki peran yang cukup besar dalam memastikan kebijakan pemerintah pusat dibidang perumahan rakyat dapat tercapai, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kita harus memberikan apresiasi penuh, karena BTN memiliki peran yang penting dalam memastikan kebijakan penyediaan rumah bagi masyarakat dapat tercapai,” ungkap Lewerissa.

Menurutnya, sebagai BUMN yang berfungsi menyediakan program pembiayaan perumahan, BTN telah terbukti dengan backlog perumahan yang mencapai 12,7 juta unit dan akan terus bergerak membantu masyarakat yang ingin memperoleh rumah dengan mudah.

Baca Juga: LAN Bentuk Satgas di 13 Sekolah

Apalgi, kebutuhan masyarakat dibidang perumahan saat ini cukup meningkat, maka keberadaan BTN dengan program mempermudah akses penyediaan perumahan, diharapakan harus menyasar masyarakat, khususnya kaum milenial.

“Sektor properti khususnya perumahan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, sebab dampak langsung dari sektor perumahan akan dirasakan oleh sekitar 174 sektor turunannya, seperti industri semen, pasir, cat, batu dan lain sebagainya,” ujar Lewerissa.

Mengingat kebutuhan perumahan rakyat sangat penting maka, Lewerissa memastikan sebagai anggota DPR, dirinya akan terus mendorong berbagai regulasi yang dimaksudkan untuk mendukung peningkatan pada sektor pembiayaan perumahan.

Bahkan, sebagai wujud keberpihakan DPR kepada masyarakat, maka DPR tetap mendukung relaksasi POJK 48/POJK.03/2020 agar sektor perumahan diperpanjang, mengingat masih berjalannya pemulihan usaha di sektor perumahan.

Politisi Partai Gerindra ini pun meminta, pemda setempat untuk memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan perumahan, agar tujuan Presiden Joko Widodo untuk menyediakan rumah bagi masyarakat dapat tercapai.

“Peluang bisnis pembangunan perumahan terus meningkat, maka DPR tetap mendukung BTN untuk tetap dilibatkan dalam penyediaan perumahan bagi masyarakat, termasuk akan mengawal percepatan impelementasi bank tanah untuk memastikan ketersediaan lahan,” tandas Lewerissa.(S-20)