AMBON, Siwalimanews – Wakil ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, M Hatta Hehanussa mendesak Balai Wilayah Sungai Maluku untuk segera menormalisasi seluruh sungai di Pulau Seram.

Permintaan Komisi III ini, berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan terhadap beberapa sungai yang mulai mengalami pengikisan pada badan jembatan.

“Beberapa waktu lalu kami telah turun memantau kondisi beberapa jembatan di Pulau Seram dan ternyata mulai terjadi pengikisan,” ungkap Hehenusa kepada Siwalimanews di Kantor DPRD Provinsi Maluku, Senin (16/8).

Menurutnya, jika sungai-sungai yang ada di Pulau Seram tidak dilakukan normalisasi dengan segera, maka ditakuti kejadian yang menimpa jembatan Wai Kaka akan terulang kembali.

Apalagi, kondisi curah hujan cukup tinggi yang terjadi belakangan ini, dapat memicu terjadinya luapkan sungai dan berakibat pada persoalan seperti yang terjadi pada jembatan Wai Kaka di tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Aksi Saling Dorong Warnai Demo PMII di Masohi

“Contohnya sungai Wai Ama, saya lihat sudah mulai tergerus dindingnya, ini yang harus ditangani segera,” ucapnya.

Hehanusa juga minta agar, BWS melakukan pendataan terhadap seluruh sungai yang saat ini rentan terhadap kerusakan agar dapat ditangani segera.

“Harus didata kondisi sungai yang sangat rentan terhadap jembatan, agar tidak ada kejadian seperti jembatan Wai Kaka terulang lagi,” cetusnya. (S-50)