NAMROLE, Siwalimanews – Pemerintah Desa Neath, Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan menyalurkan bantuan berupa uang tunai kepada  Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Neath (HPPMN).

Bantuan dari pemdes ini diapresiasi oleh Ketua HPPMN Melky Solissa mengapresiasi langkah yang diambil pihak desa untuk membantu mahasiswa asal desa tersebut ditengah-tengah pandemi covid-19 ini.

“Kami seluruh mahasiswa Desa Neath yang berada di Kota Ambon, bahkan diluar Ambon mengucapkan terima kasih kepada pemdes selaku kades atas sumbangan yang  diberikan,” ucap Solissa kepada wartawan, Jumat (12/6).

Bantuan yang diberikan Pemdes Neath sebesar Rp 5 juta itu berasal kata Solissa berasal dari Dana Desa tahap I. untuk itu selaku Ketua HPPMN, sangat mengapresiasi perhatian Anthoni Nurlatu selaku kades terhadap seluruh mahasiswa yang sampai hari ini masih tetap berada di Kota Ambon maupun di luar Ambon.

Pasalnya, dengan bantuan tersebut, mahasiswa Desa Neath merasa sangat terbantukan dalam mencukupi kehidupan mereka sehari-hari ditanah rantau.

Baca Juga: Alkatiri, Gonga dan Kilikily Kantongi Rekomendasi Gerindra

“Kami merasa bantuan ini sangat berguna dan bermanfaat karena dapat mengurangi beban orang tua kami ditengah-tengah pandemi Covid-19, ditambah lagi dengan kondisi hujan saat ini,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan kondisi pandemi Covid-19, maka semua akses transportasi ditutup demi memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, dan secara otomatis juga memutus arus kiriman bahan makanan dari orang tua kepada para mahasiswa yang berada di luar Kabupaten Bursel.

“Kondisi sekarang di Desa Neath bukan saja dampak dari Covid-19, tetapi para orang tua juga bingung mengirimkan uang, makanan dan lainnya karena dipengaruhi musim timur. Hujan yang setiap hari membuat para orang tua tidak bisa berkomunikasi dan mengirimkan uang, hal ini disebabkan karena akses jalan tidak memadai dan sungai kali Nalbessy pun tidak bisa diseberangi untuk menuju pusat kota kecamatan di Leksula,” paparnya.

Namun dengan bantuan uang tunai dari pemdes ini tambah Solissa HPPMN akan mengambil langkah untuk membelanjakan sembako dan kebutuhan lainnya untuk disalurkan kepada rekan-rekan mahasiswa.

“Sumbangan yang diberikan pak kades ini kami akan gunakan untuk beli sombako untuk penuhi kebutuhan pokok teman-teman mahasiswa di Kota Ambon. Sedangkan teman-teman yang berada luar Ambon, seperti Jakarta, Surabaya dan kota lainnya akan ditransfer ke nomor rekening masing-masing,” cetusnya. (S-35)