MASOHI, Siwalimanews – Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Penanganan Covid -19 Kabupaten Maluku Tengah, memastikan satu warga Kota Masohi berdasarkan hasil rapid test positif Covid-19.

“Satu warga Masohi berdasarkan hasil Rapid Testnya positif. Nanti kita tunggu hasil Swebnya,” ungkap Ketua Gugus Tugas Malteng, Tuasikal Abua saat dikonfirmasi Siwalimanews, Senin (20/4).

Dijelaskan, pasien ini sebelumnya menjalani karantina di Ambon selama 5 hari usai melakukan perjalanan dari Jakarta. Sesudahnya, ia dilepas untuk pulang ke Masohi dan kemudian mejalani Karantina.

Namun gelagat yang bersangkutan saat jalani karantina di Masohi mencurigakan, sehingga ia dilaporkan ke gugus tugas untuk jalani pemeriksaan kesehatan.

“Secara umum yang bersangkutan sehat, namun saat dilakukan rapid test hasilnya reaktif ke gejala positif Covid-19,” jelas Abua.

Baca Juga: 3 Terdakwa Kasus Terminal Transit Divonis 1,2 Tahun Penjara

Lantaran hasil rapid testnya positif, kata Abua, maka saat ini pasien tersebut sementara menjalani isolasi di RSUD Masohi. Sementara keluarganya juga tim gugus sarankan untuk isolasi mandiri di rumah.

Kepatuhan dan kewaspadaan warga Malteng dalam melakukan pencegahan Covid-19. Hal itu karena saat ini, baik hasil PCR dan rapid test terdapat 5 warga Malteng positif Covid-19.

“Saya minta masyarakat juga hati-hati dan terus waspada. tetap tinggal di rumah dulu dan pastikan mengunakan masker saat berada di luar rumah,” himbau Abua.

Ditambahkan, pihaknya sedang menyiapkan proses tracking untuk menghimpun data kontak warga Masohi yang merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta itu, agar mereka yang kontak dengan pasien ini dapat secepatnya diperiksa dan menjalani protap karantina jika diperlukan sesuai hasil pemeriksaan rapid test nanti.

“Selain keluarga, kami juga sedang menggarap data kontak lain dari pasien ini. Kami berharap dalam waktu dekat ini hasilnya dapat diperoleh agar mereka juga bisa secepatnya mejalani protap karantina jika hasil rapid testnya mengharuskan,” tandas Abua.(S-36)