AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Ayu Hasanusi meminta Pemkot Ambon untuk memberikan perhatian serius bagi anak.

Penegasan ini disampaikan Hasanusi kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (25/7) merespon penetapan Ambon sebagai Kota Layak Anak kategori madya dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Hasanusi menjelaskan, penghargaan Ambon sebagai Kota Layak Anak merupakan bentuk pengakuan dari pemerintah pusat yang membawa konsekuensi terhadap komitmen pemkot dalam memberikan perhatian khusus terhadap anak.

“Tentunya ini kabar baik bagi Kota Ambon maka pemerintah harus memberikan perhatian terhadap anak termasuk juga perempuan di Kota Ambon,” ujar Hasanusi.

Menurutnya, selama ini masih terjadi begitu banyak masalah yang berkaitan dengan kehidupan anak termasuk pelecehan seksual yang menempatkan anak pada posisi lemah.

Baca Juga: Niam: BI Butuh Peran Jurnalis

Bahkan, kasus kekerasan terhadap anak tersebut dilakukan dalam lingkungan yang paling dekat dengan anak seperti keluarga dan lembaga pendidikan. Disisi lain terdapat begitu banyak anak yang saat ini belum mendapatkan kehidupan yang layak dan masih berkeliaran di jalanan sehingga harus menjadi perhatian serius pemerintah kota.

“Setiap kebijakan yang diambil pemerintah kota harus menempatkan anak pada prioritas utama, baik dibidang kesehatan maupun pendidikan agar tumbuh kembang anak dapat dijamin,” tegasnya.

Hasanusi juga mengingatkan pemerintah kota harus menjadi garda terdepan dalam memberikan perlindungan bagi anak, termasuk jika ada persoalan kekerasan terhadap anak, maka pemkot harus memberikan perlindungan hukum.

“Kalau ada kekerasan terhadap perempuan dan anak, maka tidak ada cerita harus dihukum seberat-beratnya dan pemkot harus mengambil peran ini agar anak merasa nyaman tinggal di Kota Ambon,” pungkasnya.(S-20)