KONTINGEN Kota Ambon berhasil menyabet empat medali emas pada cabang olahraga (cabor) karate yang dipertandingkan di hari pertama pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV tahun 2022, Jumat (18/11).

Untuk cabor karate, ada tiga kelas yang mempertandingkan sesama atlet Kota Ambon di partai final yang berlangsung di Gedung Sporthall Karang Panjang, antara lain; Kata Perorangan Putera antara Yacob Yonathan Beay melawan Stevanus Ferdinandus.

Selanjutnya, Kumite Putra -84 kg mempertandingkan Panji Stevani Jotlely melawan Pieter Welfrits Parinussa dan Kumite Putri +68 kg mempertemukan Frisilya Bella Termature dengan Anisa Sugiharto.

Sementara dua kelas lagi yaitu Kumite Putri -68kg karateka Kota Ambon Chesya Purdiman menang atas karateka Buru dan Kumite Putra +84kg Rian yakni Altert Risamena harus akui keunggulan karateka Kepulauan Tanimbar.

Dari hasil putaran final cabor karate, kontingen Kota Ambon sukses meraih sembilan medali yakni empat emas dan lima  perak. Sedangkan Kabupaten Kepulauan Tanimbar raih dua  emas dan tiga perunggu, kemudian Kabupaten Buru meraih 1 perak dan 1 perunggu.

Baca Juga: Wayame Layak Jadi Laboratorium Umat Beragama

Pertandingan cabor karate juga disaksikan langsung oleh Ketua Umum FORKI Kota Ambon, Agus Ririmasse. Kehadiran Ririmasse untuk memberikan motivasi bagi atlet karateka Kota Ambon. Ririmasse juga berkesempatan mengalungkan medali kepada para juara.

Dihari yang sama, pada cabor renang yang dilaksanakan di Kolam Renang Lantamal IX Ambon, Tim Kota Ambon berhasil memperoleh 2 medali perak dan 3 medali perunggu. Sehingga, total medali yang diperoleh Kontingen Kota Ambon di hari pertama pelaksanaan POPMAL IV 2022 sebanyak 14 medali. (S-25)