NAMROLE, Siwalimanews –  Di hari ketiga verifikasi faktual, Rabu (19/10), KPU Buru Selatan kembali menyatakan tiga partai politik lolos sebagai peserta pemilu 2024.

Tiga Parpol yang dinyatakan lolos yakni, Partai Garuda, Perindo dan Partai Bulan Bintang. Verikasi tiga parpol ini, untuk memastikan dan membuktikan secara faktual, semua data partai yang dimasukkan ke KPU.

Pantauan Siwalimanews, KPU dan Bawaslu saat melakukan verifikasi di Sekretariat Partai Garuda di Desa Elfule, mendapati, kesesuaian antara data KPU dan fakta real di lapangan sesuai. Baik itu untuk status kantornya, keterwakilan perempuannya, keabsahan kepengurusan partai serta kelengkapan dokumen pendukung partai lainnya dinyatakan memenuhi syarat dan sesuai.

“Semua persyaratan yang menjadi tuntutan verifikasi dapat kita jumpai dan penelitian ini untuk membuktikan kesesuaian data dan fakta yang di masukan saat verifikasi administrasi,” ucap Komisioner KPU Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu Ismudin Booy didampingi ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw dan sejumlah tim verifikasi lainnya.

Status memenuhi syarat juga KPU nyatakan bagi Partai Perindo, dimana setelah melakukan verifikasi di Kantor Perindo yang terletak di Desa Waenono, Kecamatan Namrole, Bawaslu di sambut oleh Ketua Parindo Bursel Tarif Soulissa bersama pengurus lainnya.

Baca Juga: Polda Janji Percepat Proses Hukum Bentrok di Tual dan Malra

Status sesuai dan memenuhi syarat juga didapatkan PBB Bursel yang dipimpin Hayat Namkatu, status ini diterima PBB, setelah KPU melakukan verifikasi terhadap seluruh dokumen kelengkapan parpol, baik kepengurusan dan keterwakilan perempuan dalam struktur pengurus partai.

“Setelah ini, KPU akan melakukan verifikasi keanggotaan terhada 9 anggota parpol yang ada di Bursel,” ungkap Booy.(S-16)