DOBO, Siwalimanews – Guna menciptakan situasi berlalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan,  Satlantas Polres Kepulauan Aru akan melakukan OPS Zebra 2020, yang dimulai hari ini Senin (26/10).

OPS Zebra 2020 yang digelar secara nasional itu akan berlangsung selama 14 hari dan berakhir 8 November mendatang.

Kasat Lantas Polres Aru, AKP Jandry Alfons mengatakan,  tujuan OPS Zebra Siwalima 2020 ini, selain untuk menciptakan situasi berlalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan tetapi juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan dan berkurangnya tempat penyebaran covid-9 dan segala bentuk potensi gangguan, berupa ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi yang menjadi tempat penularan Covid-19.

“Sasaran yang akan dicapai dari OPS Zebra Siwalima 2020 yakni melaksanakan deteksi dini lidik dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan kemacetan kriminal dan pelanggaran dan kecelakaan serta lokasi penyebaran virus covid-19,” ungkap Alfons, kepada Siwalima, di Dobo, Sabtu (24/10).

Selain itu, kata Alfons, kegiatan lain yang dilakukan yakni melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang keamanan, keselamatan, ketertiban kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dan bahaya covid – 19 berupa kegiatan sosialisasi atau penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker melalui media cetak, elektronik dan medsos.

Baca Juga: Tiga Jabatan Kapolsek Diserahterimakan

“Pelaksanaan Operasi Zebra 2020 ini akan dipertegas dengan penindakan pelanggaran lantas yakni tilang yang dilaksanakan secara selektif prioritas,” tegasnya.

Dalam Operasi  Zebra Siwalima 2020 kali ini, lanjut dia, melibatkan instansi terkait dalam rangka operasi yustisi protokol kesehatan Covid 19.

Diharapkan, Ops Zebra Siwalima ini dapat menurunnya angka, kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas serta menekan tingkat penyebaran covid – 19 dengan tetap mempedomani protokol kesehatan atau adaptasi kebiasaan baru guna memutus mata rantai penyebaran covid – 19 secara preemtif, preventif dan persuasif juga humanis.

“Di hari Jumat (23/10) telah dilaksanakan Pra OPS Zebra Siwalima 2020 yang bertempat di Aula Wirasatya Polres Kepulauan Aru,” katanya.

Hadir pada Kegiatan Latpra Ops,  Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto, Wakapolres Kepulauan Aru Kompol Petrus Passauw, Kasat Lantas Polres Kepulauan Aru AKP Jandry F. Alfons, d. Kasat Binmas Polres Aru Iptu R. Bembuain, Kasat Narkoba Polres Kepulauan Aru AKP J. Louhanapessy dan Kasat Sabhara Polres Kepulauan Aru Iptu A. M. Layan. (S-25)