Hari Ini, Kepala Bappenas Buka Konsultasi RPJMN

AMBON, Siwalimanews – Dipastikan hari ini, Kamis (12/9), Menteri Perencanaan Pem­ba­ngunan Nasional (PPN) dan Kepala Badan Pe­ren­canaan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro membu­ka konsultasi regional pe­nyusunan rancangan awal Rencana Pemba­ngunan Jangka Menengah Nasional Wilayah Timur (RPJMN) 2020-2024.

Kegiatan akan berlangsung 12-13 September, di Hotel Santika. Acara ini juga akan dihadiri oleh empat gubernur yakni Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan serta bupati dan walikota dari empat provinsi.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Maluku, Muhammad Junaries, kepada wartawan di ruang kerjanya Rabu (11/9) mengatakan, sesuai jadwal, acara konsultasi regional penyusunan RPJMN dilakukan selama 3 hari.

Di hari pertama 12 September, merupakan acara pembukaan oleh Menteri PPN, didalamnya terdapat sambutan ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Effendi yang juga menghadiri acara tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan de­ngan pemaparan materi yang disam­paikan, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN, Bambang Prijam­bodo terkait target ekonomi makro pembangunan per pulau.

Paparan arah pembangunan Pulau Maluku-Papua, oleh Deputi Bidang pengembangan regional, Kemen­terian PPN Rudy Soeprihadi Prawi­radinata, paparan strategi pendana­an  oleh Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan, Kementerian PPN Leonard VH. Tampubolon.

Selanjutnya dihadiri kedua, Jumat 13 September, merupakan sesi diskusi terkait infrastruktur dengan moderator Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi, ekonomi dan pembiayaan, Kementerian PPN Amalia Adining­gar Widyasanti.

Hadir juga sejumlah deputi seperti Deputi Bidang Sarana dan Prasara­na, Deputi Bidang Ekonomi, Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan, perwakilan pemerin­tah provinsi oleh Badan Perenca­na­an Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas PUPR, kepala-kepala Dinas Perhubungan, kepala-kepala Dinas Kominfo, kepala-kepala Dinaz ESDM, dari pemerintah kabupaten/kota, Kepala Bappeda termasuk kepala-kepala Bank Indonesia, Ka­din, akademisi dan NGO.

Untuk diskusi hari ketiga, terkait ekonomi dan lingkungan hidup dengan moderator Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Kelembagaan, Kementerian PPN, Diani Sadia Wati.

“Kita harapkan dari konsultasi regional ini dapat menghasilkan pe­nyusunan rancangan awal RPJMN 2020-2024 untuk diusulkan ke pusat,” pungkas Junaries,” (S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *