AMBON, Siwalima – Sebanyak 60 penumpang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dengan menggunakan KM Dobonsolo, Senin (6/7), sementara 212 penumpang berangkat dari Ambon menuju ke Sorong, Serui dan Jayapura.

Manager Operasional PT Pelni Cabang Ambon Robby Mudarni saat dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (6/7) membenarkan, bahwa KM Dobonsolo dari Pelabuhan bau-Bau Selawessi Tenggara, tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, pukul 05.30 WIT.

“Saat kapal tiba di Pelabuhan Ambon, semua penumpang yang turun juga kita lakukan protap sesuai protokol Covid-19, dimana setiap penumpang yang turun diperiksa suhu tubuh dengan menggunakan thermometer infrared  oleh Tim Kesehatan Pelabuhan Klas I Ambon, serta semua dokumen sebagai syarat untuk berlayar,” tandas Mudarni.

Ditegaskan, protokoler pemeriksaan setiap penumpang yang turun maupun naik ke kapal dilakukan bertujuan untuk mengetahui, ada tidaknya penumpang yang datang ke Ambon maupun yang keluar Ambon membawa virus corona atau tidak.

Penumpang yang turun di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, bukan ratusan orang, namun hanya 60 orang. Sementara yang naik dengan tujuan Sorong, Serui dan Jayapura sebanyak 212 penumpang.

Baca Juga: 375 Tenaga Kerja Pariwisata Malteng Terima Bantuan

“Setelah selesai memeriksa penumpang turun, sekitar pukul 06.00 WIT dilakukan pemeriksaan surat kesehatan oleh tim gugus bagi calon penumpang yang hendak berangkat. Setelah selesai pemeriksaan seluruh calon penumpang dipersilahkan naik ke kapal,” ujarnya.

Pelni kata dia, tetap memperhatikan kelengakapan berkas setiap calon penumpang. Kelengkapan berkas itu disesuaikan dengan setiap daerah tujuan setiap calon penumpang. Jika penumpang tidak melengkapi persyaratan-persyaratan tersebut, maka calon penumpang tidak bisa melakukan perjalanan ke daerah tujuan.

Hadir dalam kegiatan pemeriksaan di Pelabuhan Yos Sudarso pada Senin (6/7), tim Gugus Tugas masing-masing, personil Koramil 1504/02 Sirimau,  personil Polsek KPYS, personil Satpol PP Maluku, personil BNPB Kota Ambon, serta petugas Kesehatan Pelabuhan Klas I Ambon. (Mg-5)