MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua didampingi Ketua Tim Penggerak PPK, Ny Amien Ruaty Tuasikal melaksanakan bersih-bersih lingkungan Kota Masohi, pembagian masker hingga penanaman mangrove.

Peringatan hari kebersihan dunia yang jatuh tepat pada Sabtu (19/9) itu dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat Malteng, mulai dari aparat TNI/Polri, PNS hingga elemen masyarakat lainnya.

Bupati dan Ibu Amien Ruaty Tuasikal memilih aksi peduli lingkungan masing-masing memilih lokasinya sendiri, Bupati memilih membersihkan bantaran sungai yang dikenal dengan nama Kali Udang, sementara Ibu Ketua TP PKK Malteng bersama rombongan membagikan ratusan masker kepada warga.

Pantauan Siwalima saat kegiatan itu berlangsung terlihat bupati dua periode itu langsung masuk ke bantaran sungai dan membersihkan sampah plastik hingga ganggang yang tumbuh di bantaran sungai. Aksi peduli lingkungan yang dilakukan sebagai bentuk peringatan Word Clean Up Day di Malteng itu dilakukan mulai pukul 07.00 wit secara serentak.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengatakan,  kegiatan peringatan Word Clean Up Day memang dilakukan serentak di seluruh Indonesia, karena bupati mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Malteng terkhusus Kota Masohi.

Baca Juga: 3.030 Pelaku Usaha Mikro akan Terima Bantuan

“Saya mengajak kita semua untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kita masing masing, tidak hanya pada peringatan hari kebersihan dunia yang kita peringati hari ini. Namun demikian kebersihan lingkungan, harus terus kita jaga senatiasa,”  ungkap Abua, kepada Siwalima, usai melakukan kegiatan tersebut.

Bupati menegaskan, pemerintah dan masyarakat sebelumnya sudah melakukan kegiatan peduli lingkungan, karena budaya bersih dan indah itu sudah mulai dilakukan beberapa tahun sebelumnya.

“Tahun-tahun lalu kami bersama warga berupaya menumbuhkan sikap menjaga kebersihan lingkungan kota mulai dari pekarangan rumah hingga wilayah kota, dimana hasilnya kebersihan wilayah kota Masohi terus terjaga,” katanya.

Terpisah ketua TP PKK Malteng, Ny Amin Ruati Tuasikal mengajak masyarakat itu tetap menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan. Pasalnya Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum dapat dikendalikan.

“Pandemi belum berakhir,olehnya kita wajib menjaga kesehatan diri dan orang lain. Kami berharap warga tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan mengunakan masker setiap keluar rumah, menjaga jarak dan tidak terlibat dalam aktivitas masal lainnya,” himbaunya. (S-36)