AMBON, Siwalimanews – Sempat naik tajam di pertangahan lebaran hingga Idul Fitri, kini harga kebutuhan masyarakat mulai stabil di pasar tradisional Mardika Kota Ambon.

Pantauan Siwalima sejumlah harga kebutuhan seperti sayur-sayuran mulai dari Rp.5000-1000 perikat, sedangkan harga cabe masih di kiraran Rp45-50 ribu.

Sementara untuk harga ikan relatif stabil seperti ikan kembung dijual di kisaran harga Rp10.000 sampai 20.000.

Sejumlah pedagang mengaku kalau stok kebutuhan mudah dicapat sehingga harga mulai stabil tidak seperti saat hari raya kemarin.

Abdul pedagang sayur mengaku kepada Siwalima, Senin (16/5) mengaku kalau sayur seperti kakung itu harganya masih tetap Rp. 5000 seperti sebelumnya.

Ini stabil, tidak naik, sedangkan jenis sayur yang lain di jual sampai angka Rp 8000 hingga Rp10000.

“Memang dijual seperti itu karena stok barang mudah sehingga tidak pengaruh terhadap kenaikan ataupun turun harga,” ujar Ahmad.

Ia juga mengaku kalau stok sayur yang di jualnya di pasok dari daerah laha dan Tawiri maupun Waiheru. Hal senada juga datang dari dan ibu Siti. Ia mengaku harga saat ini normal atau tidak beruba cukup jauh.

“Sayur kita masih jual dengan harga ada yang 5 ribu, ada yang 8 ribu ada yang 10 ribu perikat, tergantung jenis,” jelas Siti.

Sementara ceba yang jualnya pun dari sebelumnya yang mencapai angka Rp.120 ribu perkilo gram kini sudah turun signifikan.

“Harga cabe sekarang ada yang menjual 45 ribu ada yang menjual dengan harga 50 ribu perkilonya,” ungkapnya.

Abdul penjual ikan mengaku kalau harga ikan saat ini relatif tidak stabil kadang di jual dengan harga Rp10.000 kadang Rp 20.000 tergantung jumlahnya maupun besar kecilnya ikan.

“Kalau harga ikan itu memang stabil saat ini, nanti kalau musim timur, nelayan sedikit yang melaut baru naik namun sejaih ini harga masih stabil di angka 10 ribu sampai 20 tergangtung jumlah ikanya,” kata Abdul. (S-09)