AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Desa Riring, Kecamatan Taniwel Kabupaten SBB mengklaim semua keluarga penerima manfaat atau KPM telah menerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) 2022.

BLT periode ke IV tahun 2022 ini merupakan salah satu upaya pengentasan kemiskinan yang disebabkan pandemi Covid-19, olehnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menyaluran dana kepada masyarakat miskin sebesar Rp300 ribu bersumber dari 40 persen pagu DD.

Tersiar kabar sejumlah KPM, namanya dicoret oleh pemerintah desa dan mengantikan dengan warga desa yang lain.

Padahal tahun sebelumnya warga selalu mendapatkan bantuan tunai yang bersumber dari dana desa tersebut.

Menindaklanjuti itu Kepala Desa Riring Micael Lumaesah yang dikonfirmasi Siwalima kemarin mengaku kalau BLT yang sudah disalurkan itu tepat sasaran.

Baca Juga: Terbakar, Supir Angkot Kudamati Alami Luka Bakar

“Saya rasa 108 warga atau KPM di Desa Riring sudah menerima BLT semuanya sudah tersalurkan,” kata kedes Micael.

Dirinya membantah kalau ada warga yang sebelumnya menerima BLT kemudian di tahun 2022 ini nama mereka dicoret oleh pemerintah desa.

“Kalau itu tidak ada. Warga yang tidak menerima BLT karena sudah tidak mendiami desa atau sudah keluar, saya bisa pastikan itu,” jelas Micael.

Diakui memang ada sedikit perdebatan karena ada warga yang terpaksa dicoret sebagai penerima bantuan.

Pemerintah desa terpaksa harus mengeluarkan warga dari penerima bantuan karena sudah keluar dari desa.

“Memang ada beberapa warga yang sudah tidak tinggal lagi di desa sehingga nama-nama itu kemudian dicoret sebagai penerima,” jelasnya.

Namun sejatihnya tidak ada warga miskin yang tinggal di dalam desa yang tidak mendapatkan bantuan.

‘Saya pastikan semua mendapatkan jatah BLT sesuai peruntukan karena nama-nama penerima sudah melakui tahapan verifikasi sebelum disalurkan,” tandasnya. (S-09)