AMBON Siwalimanews – Halimun Saulatu resmi menjabat sebagai Ketua Persatuan Rugby Union Indonesia Maluku masa bhakti 2021-2025, setelah pengurus pengprov Rugby Maluku dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Umum Rugby Union Indonesia Didik Mukrianto di Manise Hotel, Selasa (22/3).

Pelantikan kepengurusan tersebut ditandai dengan penyerahan pataka  Rugby Union Indonesia dari Ketua Umum Didik  Mukrianto kepada Halimun Saulatu Ketua Persatuan Rugby Union Indonesia Maluku.

Ketua Umum Pengurus Besar Rugby Union Indonesia Didik Mukrianto dalam sambutannya mengatakan, pelantikan kepengurusan di Maluku yang dilakukan hari ini, merupakan satu momentum bersejarah.

“Kita semua hadir untuk menyaksikan, bahwa momentum ini lahirnya di Provinsi Maluku dan ini sudah kita mulai dari ruangan ini secara resmi,” tandas Didik.

Hal terpenting bagi pengurus provinsi di Maluku kata Didik, yakni pondasi awal yang menentukan komitmen dan konsisten mengambil beban dan tanggung jawab untuk mengembangkan olahraga rugby ini.

Baca Juga: Laka Maut di Poka, Pengendara Motor Tewas

Kedepan dipundak kalian semuanya, keharuman Maluku akan menjadi sebuah pertaruhan yang tidak main-main dengan memperjuangkan dan memajukan olahraga rugby union di Maluku.

“Selamat atas pelantikannya, dan selamat memegang amanah, semoga Tuhan Yang Maha Esa mengiringi perjalanan dan perjuangan kita semua,” ucap Didik.

Sementara itu, Ketua Umum Koni Maluku Toni Pariela dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Harian Koni Agus Lomo mengatakan, bagi Koni Maluku pembinaan atlet cabang olahraga akan berlangsung baik apabila kepengurusannya terbangun dengan baik.

“Untuk itu, kami memberikan apresiasi atas pelantikan Pengurus Rugby Union Maluku yang dilakukan saat ini,” ucap Pariela.

Oleh sebab itu Pariela meminta agar kepengurusan cabang olahraga ini dapat membangun konsolidasi, baik itu konsolidasi internal maupun eksternal.

Ditempat yang sama Ketua  Persatuan Rugby Union Indonesia Maluku Halimun Saulatu mengaku, kejurnas yang akan digelar pada bulan Juli nanti, sudah ada didepan mata, untuk itu, pihaknya tentu akan melakukan  komitmen untuk mengmbil langkah-langkah cepat, dengan harapan Rubgy Maluku dapat berlaga di PON Aceh tahun 2024 nanti.

“Saya berharap Rugby ini bisa menjadi salah satu olahraga yang membanggakan masyarakat Maluku, karena olahraga ini sesuai dengan karakter orang Maluku,” ucap Halimun. (S-21)