AMBON, Siwalimanews – Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler melantik Alfredo Hehamahua dan Ferdinand Tasso sebagai kepala dinas defenitif pada Dinas Lingkungan Hidup (DLHP) dan Dinas Pendidikan (Dindik).

Kedua orang ini se­belumnya mendu­duki jabatan administrator yakni eselon III pada Pemerintah Kota Ambon. Sebe­lumnya, Hehamahua menduduki jabatan Sekretaris Dinas Ling­kungan Hidup (DLHP). Se­dangkan, Ferdinand Tasso Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala).

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Walikota Ambon Nomor 710 dan 711 tahun 2021. Selain me­lantik dua orang pejabat pimpinan tinggi pratama itu, ikut dilantik 18 pejabat administrator di lingkup Pemkot Ambon.

Beberapa diantaranya Sely Kala­hatu yang sebelumnya Kepala Bi­dang di Dinas Pariwisata dan Ke­budayaan (Disparbud), mengganti Ferdinand Tasso selaku Kabag Ortala.

Kemudian Agustinus Pattikawa Lurah Waihoka kini dipercayakan menjadi Camat Leitimur Selatan (Leitsel). Viviana Siegers Kepala Bidang di Dinas Koperasi dan UKM naik tingkat selaku Sekretaris Dinas pada dinas tersebut.

Baca Juga: Aroma Intervensi di Pemilihan Ketum HIPMI

Herman Tetelepta Sekretaris Di­nas Perumahan Rakyat dan Kawa­san Pemukiman (PRKP) dirolling ke DP3AMD juga sebagai Sekretaris Dinas. Selanjutnya Alex Hursepuny, Kepala Bidang di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU­PR), kini didapuk selaku Sekretaris Dinas PRKP.

Adapun posisi yang ditinggal Alfredo Hehamahua selaku Sekre­taris Dinas LHP, diisi Muhammad Abdul Azis yang sebelumnya Kabid Penanggulangan Bencana di BPBD Kota Ambon.

Usai melantik, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler mengatakan pelantikan ini merupakan peristiwa biasa yang terjadi di level pemerintahan dalam rangka penyehatan dan penyegaran kerja.

Sama halnya dengan pelantikan awal-awal, kali ini pun tidak ada pelantikan eselon IV, hanya eselon III dan II karena eselon IV akan menjadi tenaga fungsional sebagaimana perintah Undang-undang.

“Mereka yang dilantik baik eselon II dan III telah melalui proses pertimbangan Baperjakat. Serta assessment, penulisan dan pendalaman makalah khusus untuk Kadis Pendidikan dan LHP. Semua telah lalui proses dan ketentuan yang berlaku,” tandas Hadler di ruang Vlisingen Balaikota Ambon, Rabu (17/11).

Hadler pun berharap, pejabat yang dilantik dapat bekerja sungguh-sungguh sesuai sumpah dan janji serta komitmen dalam pakta integritas. Tak lupa utamakan profesionalisme. (S-52)