PIRU, Siwalimanews – Gubernur Maluku Murad Ismail beserta istri didampingi Bupati Moh Yasin Payapo melakukan panen raya padi perdana di Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Rabu (21/10).

Bupati pada kesempatan itu mengatakan, panen padi trisakati ini atas kerjasama PT SIWALIMA dan petani Waimital dapat meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

“Hasil pangan berupa padi di SBB ini hanya ada di emapt lokasi yakni Desa Waimital, Waihatu, Waipirit di Kecamatan Kairatu, dan di Dusun Waitoso Desa Kawa Kecamatan Seram Barat

“Dengan kedatangan pak Gubernur ke SBB sangat memberikan kita motivasi khususnya kepada masyarakat di bumi Saka Mese Nusa dalam memberikan bantuan pertanian demi kesejahteran masyarakat, dan kiranya petani akan menjadi maju dan selalu sejahtera,” ucap bupati.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam arahan singkatnya mengatakan, panen raya padi di Waimital ini menjadi suatu kebanggaan bagi Pemprov Maluku dan Pemda SBB.

Baca Juga: Mentan Janji Back Up Penuh Pertanian Maluku

“Panen padi perdana ini merupakan kebutuhan pokok yang sangat bermanfaat bagi kita semua walaupun dalam kondisi Covid-19, namun semangat aktivitas masyarakat tetap semangat, sehingga mampu mengatasi kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat SBB,” ucapnya.

Gubernur berharap, bupati harus mampu untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam dengan baik, sehingga dengan SDA tersebut bisa mensejahterahkan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.

Usai panen, gubernur beserta istri didampingi bupati dan juga istri menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat, antara lain benih padi sebanyak 12,5 ton, 600 ekor anak ayam broiler, 964 lembar kartu tani serta 15 ton benih jagung untuk 1000 hektar. (S-48)