AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku, Murad Ismail, meluncurkan dengan resmi website Maluku Cerdas yang menggunakan aplikasi Microsoft 365 sekaligus membuka pelatihan training of trainer (TOT) Microsoft 365.

Kegiatan ini dihadiri Education Program Manager PT. Microsoft Indonesia Obert Hoesanto, Kadis Pendidikan Provinsi Maluku  Insun Sangadji, serta 395 guru SMK dan SMA se-Maluku melakui rapat virtual, Senin (24/8).

Program TOT ini akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis (bimtek) kepada 9.200 guru SMK dan SMA di Maluku terkait penguasaan Microsoft 365.

“Web Maluku Cerdas menjadi fondasi awal dari sebuah grand desain Dinas Pendidikan dalam penataan sistem pendidikan yang mengedepankan prinsip-prinsip clean and good governance. Ini provinsi kedua di Indonesia yang menggunakan Web Cerdas setelah sebelumnya diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” kata Gubernur.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Insun Sangadji mengatakan, akibat kondisi geografis Maluku yang kepulauan, diperparah dengan distribusi dan penyebaran guru yang tidak merata, kendala infrastruktur informasi dan jaringan listrik yang terbatas, membuat pihaknya berupaya menyikapinya dengan melahirkan kebijakan yang dapat menjadi solusi atas masalah yang dihadapi.

Baca Juga: Disperindag Lembek, Masih Nego dengan Pedagang

 

Salah satunya, kata dia, kebijakan blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran online dan tatap muka secara optimal. Dua sistem yang akan diterapkan adalah daring dan luring.

“Kami menyadari bahwa cara ini masih penuh kekurangan, maka kami perkuat dengan home visit,” ungkapnya. (S-39)