SAUMLAKI, Siwalimanews –  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Tanimbar menjadi partai politik pertama di Bumi Duan Lolat membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah sejak 17 hingga 30 April.

Pendaftaran ini dibuka secara gratis atau tanpa mahar politik, sehingga siapapun boleh mendaftar di partai berlambang banteng moncong putih itu.

Ketua DPC PDIP Tanimbar Andre Werembinan Taborat kepada wartawan di sekretariat partai tersebut, Selasa (16/4) menjelaskan, PDIP sebagai partai yang memiliki tiga kursi di DPRD pada Pileg ini, maka mulai hari ini menjadi hari pertama pembukaan pendaftaran balon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk bertarung pada 27 November 2024 nanti dan mekanisme pendaftaran akan disiapkan di sekretariat partai.

“Jadi silahkan bagi kader potensial partai maupun khalayak umum yang berniat membangun daerah ini, maka PDIP membuka pintu dan mempersilahkan untuk mendaftar. Bagi balon kepala daerah yang mau silahkan mendaftar secara perorangan dan tidak paket,” ujar Andre.

Sekretaris DPC PDIP Jidon Kelmanutu menambahkan, pada prinsipnya DPC PDIP menindaklanjuti instruksi DPP dan DPD terkait dengan proses penjaringan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Dalam proses penjaringan tersebut, pihaknya tidak dapat keluar dari instruksi partai.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Pertamina Jamin Ketersediaan BBM & LPG

Dalam proses penjaringan ini terbuka untuk umum, karena selama ini ada rumor bahwa, PDIP hanya mau mengakomodir kader partai, maka saat ini instruksinya adalah semua kader potensial di Tanimbar punya hak yang sama akan diterima.

“Walaupun PDIP KKT mempunyai kader yang siap, tetapi tidak menutup kemungkinan kader dari luar partai,” tegasnya.

Untuk syaratnya kata Jidon, umum yakni, merupakan warga NKRI, namun yang paling penting memiliki akhlak yang baik, sebab calon pemimpin daerah harus mempunyai mental yang baik untuk membangun Tanimbar.

Alhasil, DPC telah siapkan sebanyak tujuh orang tim penjaringan yang melihat sekaligus memetahkan politik pada setiap balon calkada.

“Dengan mengumumkan pendaftaran ini sekaligus membantah isu bahwa PDIP sudah punya calon.Ini juga akan dilakukan survey kepada balon mendaftar,” tandasnya.(S-26)