AMBON, Siwalimanews – Partai Golkar Provinsi Maluku mulai menyusun strategis kemenangan pada pemilihan kepala daerah 2024 mendatang.

Upaya untuk menduduki kursi Gubernur Maluku itu, partai berlam­bang pohon beringin ini menyasar sejumlah nama bakal calon Gubernur, salah satunya Jefry Apoly Rahawarin.

Selain itu terdapat juga nama 4 kader partai kuning ini yang diusung yaitu, Ketua DPD, Ramly Umasugy, Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, Koordinator Wilayah (Korwil) Maluku dan Maluku Utara DPP Partai Golkar, Hamzah Sanga­dji dan Azis Samual.

Beredar nama-nama bakal calon kepala daerah yang akan diusung Partai Golkar untuk bertarung pada Pilkada 2024 mendatang berdasarkan surat nomor Sund-308/GOLKAR/XI/2023 tertanggal 16 November yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Sekretaris Jenderal Lodewuk F Paulus.

Dalam surat itu ada 45 nama jagoan Golkar. 5 nama diantaranya diusung untuk Pilgub Maluku, sedangkab 40 nama lainnya diusung untuk balon kepala daerah dan wakil kepala daerah, baik walikota-wakil walikota dan bupati-wakil bupati pada 11 Kabupaten/Kota di Maluku.

Baca Juga: Tak Bayar Gaji, Petugas Kebersihan SBB Ngamuk

“Daftar bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang diusung oleh Partai Golkar pada Pilkada 2024,”tulis kop surat

Diketahui, lembaran surat yang beredar itu adalah lampiran dari surat undangan dari partai Golkar terha­dap 45 balon tersebut.

Terkait hal itu, Sekretaris DPD I partai Golkar, James Timisela yang dikonfirmasi via telepon selulernya, Senin (20/11) membenarkan 45 nama tersebut.

Dia menjelaskan, itu merupakan figur-figur yang masuk radar DPP partai Golkar sebagai Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“Ini nama-nama yang masuk “radar” DPP sebagai bakal calon kepala dae­rah. Dan disampaikan ke daerah untuk menghadiri pertemuan arahan dari Ketum. Pasti arahan disertai penugas­an, mensosialisasi partai dan tugas konsolidasi lainnya. Tapi namanya tangkapan “radar” yang sudah tergambar tapi juga yang akan muncul setelah Pileg nanti,”terang­nya.

Adapun 40 nama Balon Walikota-Wakil Walikota dan Bupati-Wakil Bupati yaitu, Kabupaten Buru, Gadis Siti Nadia Umasugy, M. Rum Soplestuny, Iksan Tinggapy dan Jaidun Saanun

Berikutnya, Kabupaten Buru Selatan, Asriadi Tomia, Muhamad Mukadar. Kabupaten Kepulauan Aru, Timotius Kaidel, Temi Oeirse­puni, Mesak Payjala, Yusuf Rume, Rah­man Jabumona dan Muin Sogalrei.

Selanjutnya, Kabupaten Kepu­lau­an Tanimbar, Pietkaet Taborat, Dharma Oratmangun, Hendrikus Jauhari Oratmangun.

Kabupaten MBD, Anos Jeremias dan Fritz Karlely. Sedangkan Kabupaten Maluku Tengah, Rudolf Lailossa, Ahmad Marasabessy, Rakib Sahubawa, Subhan Pattimahu,

Asis Mahulette dan Sam Latuconsina.

Kemudian Kabupaten Maluku Tenggara, Agrapinus Rimatora dan Romulus Far Far.

Kabupaten SBB, Abdusalam Hehanussa dan Syane Putileihalat.

Kabupaten SBT, Agiel Rumakat dan Yulia Misa Latuconsina. Sedangkan untuk Kota Ambon diusulkan 4 nama yaitu, Ricard Rahakbauw, Abner James Timisela, Ridwan Rahman Marasabessy dan Elly Toisuta. (S-25)