AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku Murad Ismail secara resmi melantik Timotius Akerina sebagai Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat sisa masa jabatan 2017-2022.

Pengambilan sumpah dan janji Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat ini ber­langsung di aula kantor Gubernur Maluku yang dihadiri Gubernur Maluku, Murad Ismail, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, jajaran Forkopimda Maluku, Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, Mansur Tuharea serta Forkopimda Kabupaten Seram Bagian Barat, Senin (20/9).

Pelantikan Timotius ini dilakukan berda­sarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.81-4072 tentang pengangkatan dan peresmian Bupati Seram Bagian Barat sisa masa jabatan tahun 2017-2022 tanggal 7 September 2021 yang ditandata­ngani Mendagri, Muhamad Tito Kar­navian.

Gubernur Maluku dalam sambu­tannya mengatakan, kepemimpinan pemerintahan Kabupaten Seram Bagian Barat telah memasuki tahun kelima, itu berarti bupati harus lebih fokus untuk menyelesaikan dan merealisasikan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati masa jabatan 2017-2022.

Menurutnya, walaupun waktu yang tersedia cukup singkat, namun tanggung jawab yang ada harus dijalankan secara serius dalam menjalankan program-program srategis kedepan, diantaranya menyusun APBD Perubahan tahun 2021 dan APBD tahun 2022 yang hanya mmenghitung hari sudah harus dibahas bersama DPRD.

Tak hanya itu, penataan dan penyederhanaan birokrasi pemerintahan berdasarkan ketentuan yang berlaku juga harus dilakukan secepatnya oleh Bupati termasuk dengan mensukseskan program vaksinasi nasional serta menurunkan angka kemiskinan, mensejahterakan masyarakat dan melesatrikan sumber daya alam yang ada di kabupaten dengan akronim Saka Mese Nusa itu.

Timotius juga diharapkan dapat memaksimalkan koordinasi, komuni­kasi dan kolaborasi bersama DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai mitra sejajar termasuk lem­baga yudikatif, kepolisian, ormas dan elemen masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Guberu Maluku juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada almarhum Mohamad Yasim Payapo atas dedikasi dalam membangun Kabupaten Seram Bagian Barat.

Lanjutkan

Ketua DPRD Kabupaten SBB, Abdul Razit Lisaholit  meminta kepada Bupati SBB untuk menyelesaikan sisa program kerja almarhum bupati sebelumnya. “Percepat pembangunan paling utama dan bersama DPRD menyelesaikan APBD Perubahan tahun 2021 untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Lisaholit kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Senin (20/9).

Selain itu program pemerintah pusat seperti mempercepat proses pemutusan mata rantai Covid-19 dan mempercepat pembangunan infrastruktur, ekonomi dan desa.

“Kami akan membantu pemerintah bersama-sama menyelesaikan pembangunan di sisa pemerintahan bupati Akerina”, tandasnya.

Sementara itu Bupati SBB Timotius Akerina yang dicegat wartawan usai pelantikan mengaku terburu-buru. “Nanti aja, ke Sari Guri, saya lagi buru-buru,” katanya singkat. (S-50/S-39)