AMBON, Siwalimanews – Gempa bumi dengan magnitudo 3,3 skala richter menguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Jumat (2/10) sekitar pukul 18:20:30 WIT.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews menjelaskan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi ini memiliki kekuatan M=3.3.

Episenter gempa terletak pada koordinat 3.65 LS dan 128.26 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 10 km Timur Laut Ambon pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” jelasnya.

Gempa ini dirasakan oleh masyarakat di Ambon III MMI, dimana daerah tersebut, guncangannya dirasakan oleh banyak orang.

Baca Juga: Perpustakaan Desa Harus Jadi Pusat Belajar

Walaupun demikian, hingga saat ini belum ada laporan akibat dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Hingga pukul 19:16 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Kita harap masyarakat periksa dan pastikan bangunan tempat tinggalnya cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah,” himbaunya. (Mg-5)