MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua mengapresiasi terlaksana kegiatan High Level Meeting (HLM) atau pertemuan tingkat tinggi bahas inflasi dan pemulihan ekonomi daerah yang digelar Bank Indonesia (BI) Maluku di operation room Kantor Bupati Malteng Kota Masohi Selasa (24/11).

Hadir dalam kegiatan itu, selain bupati, nampak juga Wakil Bupati Marlatu Leleury Kepala Bank Indonesia Cabang Maluku, Noviarsano Manullang, para pimpinan OPD, kepala perbankan serta sejumlah stakeholder lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, kegiatan HLM inflasi dan pemulihan ekonomi daerah adalah momentum penting yang dapat dijadikan wadah komunikasi dan koordinasi dari semua stakeholder terkait dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi daerah melalui pengendalian inflasi serta peningkatan sektor produktif di Malteng.

“Kami mengapresiasi positif terlaksananya HLM meeting dalam rangka membahas inflasi dan pemulihan ekonomi daerah BI Cabang Maluku saat ini. Bagi kami ini momentum penting yang dapat menjadi wadah komunikasi dan koordinasi semua stakeholder untuk bekerja sama memulihkan ekonomi daerah dan dampak pandemi Covid-19 yang terus berlangsung sampai sekarang ini,” tandas Bupati.

Dikatakan, kondisi perekonomian bangsa di tahun 2020 sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Akibat dampak pandemi Covid-19 pada segala aspek, terutama kesehatan serta perekonomian masyarakat yang saat ini masih belum stabil.

Baca Juga: 2021 Pemda Malteng Usul 400 Formasi CPNS

“Mengingat kondisi inflasi sangat berpengaruh pada perekonomian daerah, maka pemerintah dituntut mampu mempertahankan tingkat inflasi agar tidak terlalu rendah dan harus berada pada titik keseimbangan agar dapat mampu memberikan stimulus pada produsen,” katanya.

Upaya pemulihan ekonomi saat ini menjadi fokus pemerintah pusat melalui be­-be­rapa paket kebijakan ekonomi dan penyaluran bantuan tunai maupun bantuan sosial kepada masyarakat guna menekan dan meminimalisir dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian masyarakat, termasuk dengan strategi jitu untuk mengendalikan inflasi.

Bupati menambahkan, Pemkab Malteng dalam masa Pandemi Covid-19  harus terus berupaya memperkuat kebijakan pemerin­tah pusat melalui penguatan perlindungan sosial, pengenda­lian harga, memastikan harga dan ketersediaan kebutuhan pangan, mempercepat realisasi belanja bantuan sosial dan belanja modal untuk mendukung pemulihan ekonomi khususnya pada sektor produktif.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan ungkapan terima kasih atas sumbangsi  Kepala BI Cabang Maluku dan jajarannya atas kerja sama dan dukungan pendampingan kepada Pemerin­tah Kabupaten Malteng dalam membangun perekonomian dae-rah yang lebih berkualitas. (S-36)