PALANG Merah Indonesia bersama dengan ICRC  dan Klinik Mata Utama Maluku mengadakan operasi katarak dan pembagian kacamata gratis untuk 150 penderita katarak dan memberikan 500 Kacamata gratis, bagi masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya, bertempat di RSUD  Tiakur, 1-4 November 2023.

Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial,  Markas pusat PMI, CSP Wekadigunawan mengatakan, operasi ini bertujuan untuk membantu pemerintah dan masyarakat di wilayah Indonesia Timur yang membutuhkan bantuan pengelihatan.

Sementara itu Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus L. Kilikily, mengatakan, angka kasus katarak cukup tinggi dikarenakan kurangnya akses kesehatan dan dokter dan kurangnya pentingnya menjaga kesehatan mata.

“Kami menyambut baik kerjasama PMI dengan ICRC di Maluku Barat Daya, terutama untuk membantu masalah kesehatan mata. Total sekitar 1300 orang yang datang dari 17 Kecamatan di MBD, ” jelas wakil bupati.

Rencana kedepan, PMI akan melaksanakan kegiatan serupa di Aru setelah sebelumnya, PMI dengan ICRC telah melakukan Operasi Katarak dan pembagian kacamata gratis  di wilayah Saumlaki, Seram Bagian Timur, Tual, Buru dan Ambon.(S-27)

Baca Juga: MBD Kembali Raih API Award 2023