Bupati Petrus Fatlolon, SH, MH meresmikan gedung puskesmas Waturu, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar belum lama ini.

Selain meresmikan gedung puskesmas, bupati juga mengikuti pengukuhan Enang Parenting kecamatan dan desa se-Kecamatan Nirunmas.

Turun pendampinggi orang nomor satu di bumi Duan Lolat Ketua Tim Pengerak PKK sekaligus Enang Parenting Kepulauan Tanimbar, Joice M. Fatlolon, staf ahli bupati, asisten dan pimpinan OPD serta jajaran Pengurus PKK Kabupaten.

Hadir pula camat Nirunmas, Kapolsek Nirunmas, para kepala desa se-Kecamatan Nirunmas, kepala Puskesmas Waturu, tenaga kesehatan, tokoh adat, tokoh agama serta masyarakat Desa Waturu.

Sebelum peresmian gedung puskesmas acara diawali dengan pengukuhan Enang Parenting dan Enang Parenting Desa se-Kecamatan Nirunmas dan dilanjutkan dengan pengresmian gedung Puskesmas Waturu.

Baca Juga: Bupati KKT Lantik Pejabat PPTP

Bupati dalam sambutannya menyampaikan selamat dan proficiat kepada para enang parenting Kecamatan Nirunmas dan Enang Parenting desa se-Kecamatan Nirunmas.

“Dalam upaya penanganan stunting harus dilaksanakan secara massif dan bergotong-royong,” kata bupati.

Sementara itu terkait dengan peresmian puskesmas, dirinya berharap dapat memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Dibangun Puskesmas Waturu diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal kepada masyarakat,” pesan bupati.

Dirinya menjelaskan pembangunan Puskesmas Waturu adalah hasil aspirasi tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Waturu yang meminta perhatian pemerintah daerah terhadap sarana prasarana kesehatan di Desa Waturu.

Maka dengan dilatarbelakangi oleh faktor jumlah penduduk dan kebutuhan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik, maka dibangunlah Puskesmas Waturu.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pemo­-tongan pita oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar sekaligus yang dilanjutkan peninjauan langsung aktivitas pelayanan kesehatan di dalam gedung Puskesmas Waturu.

Dikesempatan yang sama, bupati juga pemberian bantuan berupa paket makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita dan lansia yang sedang menerima pelayanan di Puskesmas Waturu.

Bupati juga membuat penanda­tanganan pernyataan komitmen dengan masyarakat dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kecamatan Nirunmas Tahun 2021. (S-39)