AMBON, Siwalimanews – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airways bakal membantu Pemerintah Provinsi Maluku dalam menggenjot ekspor produk-produk asal daerah ini untuk dipasarkan, baik secara domestik maupun internasional.

General Manager Garuda Cabang Ambon Stanislaus Radityo kepada wartawan di Ambon, Jumat (7/10) menjelaskan, selama ini Garuda fokus untuk melayani perhubungan dan parawisata, namun pasca pandemi Covid-19, Garuda Indonesia akan melebarkan sayapnya untuk mendorong ekspor ke luar Maluku.

Selama ini aktivitas ekspor hanya dilakukan melalui kapal laut dengan adanya kebijakan tol laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, namun setelah mendapatkan dukungan dari DPR dan Kementerian BUMN, maka akses ekspor melalui Garuda akan dilakukan.

“Selama ini kan kita hanya berputar soal perhubungan dan parawisata, tapi dengan adanya dukungan DPR dan pak Menteri BUMN Erick Thohir, maka kita akan membuka akses ekspor melalui Garuda juga,” ujarnya.

Menurutnya, terobosan ini diambil guna mendukung pemerintah daerah, khususnya Maluku dan seluruh kabupaten/kota di daerah ini untuk dapat meningkatkan pendapatan daerah, dengan jalan mengekspor setiap produk, baik dalam negara maupun secara internasional.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-77, TNI dapat Kado Istimewa

Apalagi Maluku dengan berlimpahnya sumber daya alam, salah satunya perikanan, maka sangat diperlukan akses transportasi ekpor yang cepat dan mendukung agar semua hasil dapat diperdagangkan di pasar domestik dan internasional.

“Prinsipnya Garuda terus berupaya untuk hadir dan menjembatani semua persoalan yang selama ini dihadapi masyarakat dan pemerintah daerah, termasuk mempermudah ekspor produk sehingga dapat diperjual belikan dipasar domestik maupun internasional,” jelasnya.

Radityo juga meminta dukungan dan kerja sama semua pihak dalam memajukan Maluku, sebab tanggungjawab memajukan Maluku bukan hanya ada pada pemerintah saja, tetapi juga ditangan masyarakat dan badan usaha, sebagaimana taglinenya BUMN untuk Indonesia. (S-20)