AMBON, Siwalimanews –  Memasuki hari kelima Operasi Zebra dengan sandi salawaku 2022, angka pelanggaran lalu lintas mulai mengalami penurunan.

Dalam operasi yang digelar, Jumat (7/10) oleh Satlantas Polresta Ambon di kawasan Talake, tercatat 64 pelanggar lalu lintas yang ditindak. Diantara 64 pelanggar, 5 diantaranya ditilang sementara 59 diberikan teguran.

“Untuk operasi hari ini ada 64 pelanggar yang terjaring razia, 59 diberikan sanksi teguran dan lima ditilang secara manual,” jelas Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Moyo Utomo kepada wartawan di Mapolresta, Jumat (7/10).

Sekalipun masih terdapat pelanggaran, namun dari data Operasi Zebra yang dilakukan satlantas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, menunjukan angka pelanggan yang kian menurun dari hari ke hari.

Hal tersebut menunjukan kesadaran masyarakat khusus pengguna lalu lintas akan pentingnya keselamatan dalam berkendara dengan mematuhi aturan yang berlaku.

Baca Juga: Tak Jamin Hak Karyawan, DPRD Ancam Cabut Ijin PT Padi Mas

“Kalau kita mengacu dari data, pelanggaran dalam lima hari terakhir ini menunjukan penurunan tiap harinya, seperti pada hari pertama pelanggar mencapai 105, kemudian di hari kedua turun menjadi 80 pelanggaran, dihari ketiga 70, keempat 67 dan turun lagi di hari kelima menjadi 64 pelanggar,” urai Utomo.

Ia berharap, angka pelanggaran terus menurun sehingga menunjukan meningkatnya kesadaran pengendara dalam mematuhi aturan berlalu lintas. (S-10)