AMBON, Siwalimanews – Brimob merupakan pasukan khusus di Polri, karena itu tetap berada pada garda terdepan keamanan dalam negeri. Bri­mob juga harus siaga da­lam mengha­dapi persoalan dan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia saat ini.

Hal itu disampaikan Kapolda Maluku, Irjen Royke Lumowa saat memimpin apel gelar pasukan Brigade Mobil (Brimob) sebagai power on hand Kapolda.

Apel gelar pasukan ini dihadiri Wakapolda Maluku, Brigjen Teguh Sarwono, dan seluruh pejabat utama Polda Maluku serta menggelar seluruh kekuatan Brimob berupa personil, senjata maupun peralatan taktis lainnya. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Letkol C.H. Tahapary Polda Maluku, Minggu (25/8).

Kapolda pada kesempatan terse­but membakar semangat ratusan personil Brimob dengan menga­ta­kan, Brimob sebagai salah satu komando pasukan utama Polri khu­susnya Polda Maluku harus siap setiap saat dalam meng­hadapi per­soalan dan dinamika keamanan da­lam negeri.

“Seluruh personil Brimob Maluku, tetap siap dan semangat, kapan pun dibutuhkan agar selalu siap sedia walaupun di hari libur sekalipun,” tegas Kapolda. Menurut jenderal dua bintang ini, personil Brimob Maluku punya kebanggaan tersen­diri karena memiliki riwayat tugas yang luar biasa dan tantangan yang berbeda dengan Brimob di wilayah lain di Indonesia.

Baca Juga: Polda Kirim Bantuan Cari KM Mina Sejati

“Sudah banyak keberhasilan yang dicapai Brimob Maluku dalam me­laksanakan tugas negara, olehnya itu kebanggaan harus tetap ada pada diri setiap personil Brimob,” tegasnya.

Lebih lanjut eks Kakorlantas Polri ini turut mendoakan para personil Polda Maluku, yang tengah melak­sa­nakan tugas di provinsi Papua dan Papua Barat.

“Seluruh personil apel gelar agar mari kita sama-sama doakan rekan kita yang sementara melaksanakan tugas di wilayah Papua, semoga semua tantangan dan rintangan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepolisian dapat dilalui dengan mudah dan lancar, sehingga semuanya dapat kembali dengan baik dan selamat tanpa kekurangan suatu apapun,” harapnya.

Untuk diketahui, pada apel gelar pasukan ini kapolda bersama wa­kapolda dan pejabat utama Polda Maluku, meninjau secara langsung kesiapan pasukan dan peralatan berupa senjata organik maupun peralatan lain, serta kendaraan taktis lapangan. Bertindak sebagai Ko­mandan Apel gelar ini Komandan Satuan Brimob Polda Maluku, Kombes Pol M Guntur. (S-32)