AMBON, Siwalimanews – Fraksi Pembangunan Bangsa di DPRD Maluku yang merupakan gabungan dari PKB dan PPP, mendukung penuh kerja sama di bidang perikanan antara Provinsi Maluku dan Sulawesi Selatan.

Dukungan ini disampaikan Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa, Mu’min Refra kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (10/2).

Kerjasama perikanan yang dibangun antara dua provinsi ini kata Refra, akan saling memberikan keuntungan secara langsung bagi daerah dan masyarakat, artinya bila dilihat MoU secara verbal, maka tidak ada yang merugikan Maluku.

“Kita lihat kerja sama di bidang kelautan, misalnya itu item-item sudah sangat terukur yang diajukan oleh Pemda Maluku, karena itu akan menguntungkan kita di Maluku,” ungkap Refra.

Menurutnya, saat ini memang potensi laut menjadi skala prioritas yang mesti diutamakan dari sisi ekonomis, yang nantinya ditopang oleh industri pertanian, dan perkebunan yang menjadi andalan untuk masuk ke pasar Sulsel, nasional atau internasional.

Baca Juga: Dinkes Akui 98 Persen Spesimen yang Diperiksa Mengarah ke Omicron

Ia juga mengakui, selama ini potensi perikanan yang dimiliki Maluku, hanya masuk label daerah lain, sehingga ke depannya harus menjadi andalan, dengan adanya pertumbuhan ekonomi disektor perikanan yang cukup bagus saat ini.

“Kerja sama ini akan menjadi pendukung utama dalam pertumbuhan ekonomi daerah, artinya pertimbangan ekonomi sektor perikanan menjadi andalan, maka harus digagas sesuatu kebijakan yang mampu meningkatkan taraf hidup orang banyak termasuk membackup pendapatan daerah,” tegasnya.

Politisi PKB Maluku ini berharap, hasil laut yang dimiliki Maluku dapat menjadi incaran nasional, yang dimulai dengan kerja sama Pemda Maluku dan Pemda Sulsel, apalagi posisi strategis Sulsel pasca penetapan ibu kota negara baru, akan sangat menguntungkan. (S-20)