PEMERINTAH Kabupaten Maluku Barat Daya gelar Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musyawarah Perenca­naan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus L. Kilikily, yang berlang­sung di Gedung Serbaguna Tiakur, Sabtu (8/4).

Dalam sambutannya Wakil Bupati menegaskan, forum lintas perangkat daerah merupakan agenda penting dalam perspektif penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel, responsif dan demokratis.

“Perlu kita pahami bersama, perencanaan adalah awal dari segala aktivitas pemerintahan, pemba­ngunan dan pelayanan kemasya­rakatan. Forum ini harus berkualitas dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” tegas Wakil Bupati.

Permasalahan pembangunan dan kemasyarakatan yang ada di kbupaten ini masih cukup kompleks seperti aksesibilitas dan kesulitan geografis, belum maksimalnya keterpenuhan layanan dasar, ekonomi dan ketahanan pangan, konektifitas antar wilayah, serta rendahnya inovasi dan kreatifitas birokrasi.

Baca Juga: Hendrawi Minta Warga Buang Sampah pada Tempatnya

“Pemerintah daerah saat ini sedang berusaha untuk dapat membenahi dan mengatasi semua permasalahan yang ada,” ungkap Wakil Bupati.

Tahun 2024, kata Wakil Bupati, fokus pemerintah daerah yang utama adalah menurunkan angka kemiskinan, stunting serta penge­lolaan dana desa yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan tidak berbenturan dengan aparat penegak hukum.

“Kepala Desa lengkapi diri dengan mempelajari aturan dengan benar, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Dan para Camat secara rutin mengkoordinir kepala desa serta melaporkan perkembangan wilayah termasuk perkembangan penduduk, pendu­duk miskin dan perkembangan lainnya,” ujar Wakil Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati berharap dukungan dari seluruh stakeholder agar seiring dan sejalan memperjuangkan kepen­tingan masyarakat guna mewu­judkan kesejahteraan bersama.

Pelaksanaan Forum Lintas Pe­rangkat Daerah dan Musrenbang Tahun 2024 dengan tema Percepatan Penurunan Kemiskinan melalui Peningkatan Infrastruktur, Pe­ningkatan Kualitas SDM dan Pengembangan Ekonomi Berbasis Unggulan Daerah.

Adapun tujuannya untuk menyepakati permasalahan pem­bangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program kegiatan indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program pembangunan daerah dan sasaran dengan prioritas pembangunan provinsi serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah dengan program kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan.

Hadir dalam kegiatan pembukaan Forum Lintas Perangkat Daerah ini, Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa, Ketua DPRD MBD, A. Tunai, Kasi Intel Kejari MBD, Perwakilan Polres MBD, Penjabat Sekretaris Daerah, Obed H. Y. Kuara, Bappeda Provinsi Maluku, Siti N. Laitupa, Anggota DPRD MBD, Para Staf Ahli dan Asisten Setda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal, Ketua Bidang 1 Tim Penggerak  PKK Kabupaten MBD, Helen Kilikily, Pimpinan BUMN dan BUMD serta Para Camat se-Kabupaten.

Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang Penyusunan Rancangan RKPD Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun 2024 direncanakan berlangsung selama 2 hari, Sabtu (8/4) dan Senin (10/4). (S-08)