Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach,S.T, bersama Wakil Uksup Wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, RD. Simon Petrus Matruty, meresmikan Pusat Paroki Baru Santo Petrus-Paulus Moa- Kisar, bertempat di Gereja Katolik, Tiakur, Jumat  (5/11).

Dalam sambutannya RD, Simon Petrus Matruty menyampaikan bahwa pemindahan pusat paroki dari Kisar ke Moa karena saat ini Moa merupakan pusat pemerintahan sehingga mempermudah pihak gereja dalam berkomunikasi antar umat beragama.

“Semua pihak teristimewa de­ngan pemerintah daerah sehingga gereja tetap hadir dan bersinergi dalam membantu dan memberi­kan kontribusi bagi pemerintah oaerah setempat,” kata Petrus.

Ditempat yang sama, Bupati Noach dalam sambutannya me­ngatakan melihat pada pertumbu­han dan perkembangan umat Katolik di wilayah Kabupaten MBD yang kian cepat maka pembentu­kan pusat paroki baru di Tiakur.

“Ini menjadi keputusan yang strategis dari segi pelayanan pastor paroki bersama jajarannya. Selain dapat meningkatkan kinerja pelayanan juga memperkuat perwujudan kemitraan dengan pemerintah dearah dan stakeholder lainnya teristimewa dalam konteks membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan berbagai program baik kepada masyarakat pada umumnya maupun kepada umat Katolik pada khususnya, ingat Noach.

Baca Juga: Bupati Serahkan Ijasah Bagi 23 Mahasiswa PEM-Akamigas

Dikatakan pemerintah tidak mungkin bekerja tanpa dukungan doa, tanpa campur tangan Tuhan maka semuanya sia-sia. “De­ngan keyakinan iman inilah maka filosofi kota ini dibangun, bahwa tidak ada Pemerintah yang tidak berasal dari Allah, dan dukungan doa itu berasal dari seluruh pemeluk agama yang ada di wilayah ini,” ujar Noach.

Pemerintah daerah lanjut Noach menyambut baik niat dan usaha pihak Gereja Katolik dalam mem­bentuk pusat paroki baru di Maluku Barat Daya.  “Semoga misi pelaya­nan yang dilakukan Gereja Katolik di Maluku Barat Daya semakin me­ningkat dan berdampak positif serta berdaya manfaat bagi masyarakat Maluku Barat Daya,” ucapnya. (S-39)