PEMBUKAAN Festival Seni Qasidah Skala Besar yang bertemakan Gemakan Seni Budaya Islam Kabupaten Seram Bagian Timur yang Maju, Sejahtera dan Religius Tingkat Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2022 digelar di Gedung Aula Serbaguna Dinkes Kab. Seram Bagian Timur, Jumat (21/10)

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jafar Kwairumaratu, Forkopimda Kabupaten SBT, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten SBT, Para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten SBT, Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten SBT beserta Pengurus.

Dalam sambutan Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas yang dibacakan oleh Sekda menga­takan, dengan adanya festival ini, diharapkan lahir generasi yang tangguh dan tegar serta memiliki rasa kepedulian yg tinggi terhadapa sesama tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang terbawa dalam derasnya arus globalisasi.

“Meskipun kegiatan ini merupa­kan sebuah perlombaan namun festival ini dapat lebih dimaknai sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas hubungan sosial antar umat,” ka­tanya

Dikatakan, sebagai salah satu ke­kayaan dan khazanah budaya bang­sa, seni qasidah ini sudah sepan­tas­nya mendapat perhatian dari peme­rintah dan dari pemikiran kita ber­sama.

Baca Juga: Pemkab SBT Luncurkan Aplikasi TEPUK

“Semoga seni qasidah ini dapat bersaing dengan kesenian lainnya dan tetap selalu mendapat tempat dihati penggemarnya. Untuk itu melalui Lembaga Seni Qasidah Indonesia ( LASQI ) kesenian ini harus terus dikembangkan, dipacu dan ditingkat­kan kualitasnya karena memiliki misi yang cukup jelas yaitu seni sebagai media dakwah,” lanjut­nya

Dirnya juga mengapresiasi sema­ngat dan kerja keras pengurus DPD LASQI dan seluruh panitia penye­lenggara  hingga terlaksana kegia­tan ini

“Walaupun dengan keterbatasan dana yang ada, namun kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan kehendak kita bersama untuk terus mencari dan mengembangkan potensi seni islami yang sesuai dengan tuntutan masyarakat yang terus maju dan berkembang,” cetusnya.(S-08)