PETRUS Fatlolon, Bupati Kepulauan Tanimbar, periode 2017-2022, menggelar jalan sehat untuk merayakan ulang tahunnya ke-56 dan menyambut HUT Kemerdekaan RI, Rabu (16/8). Menariknya, jalan sehat di Kota Saumlaki, melibatkan ribuan orang.

Meski, jalan sehat untuk merayakan penambahan usia Fatlolon yang akrab disapa PF dan HUT RI ke 78, namun pegiat demokrasi lokal, Sali Porsiana menilai, jalan sehat yang digelar PF, ingin menunjukan ke publik KKT bahwa dia masih punya kekuatan dan masih kuat.”Ini bagian dari unjuk kekuatan kepada warga KKT, meski tidak lagi memimpin, tapi PF masih punya kekuatan yang tidak bisa dianggap remeh,”kata Porsiana.

Apalagi, kata dia, selama ini sebagian kecil warga di bumi Duanlolat, menilai PF sudah habis” usai memimpin.

“Saya kira jalan sehat yang digelar melibatkan perwakilan warga Saumlaki dan sekitarnya menandakan bahwa dukungan kepada PF masih mengakar kuat dan tidak mudah pindah ke figur lain,” katanya.

Dia menilai, meski Pilkada KKT baru digelar November 2024 mendatang, namun suhu politik menuju “pesta” demokrasi itu terus memanas.

Baca Juga: BEM Maluku Dukung Penjabat Walikota Tual

“Ini bagian dari panas mesin menuju Pilkada. Meski yang mengikuti jalan santai adalah tim relawan, simpatisan dan pendukung Pak PF, setidaknya bagian dari menggerakan semua sumber daya menuju pesta demokrasi lokal di KKT,” ujarnya.

Belum lagi sejumlah figur mulai berlomba-lomba ingin mendampingi PF, dibarengi dengan berbagai partai politik mulai merapat menjejaki mendukung PF di Pilkada KKT.

“Apalagi, sejumlah figur yang menyatakan kesiapan bertanding di Pilkada KKT yang paling siap itu hanya Pak PF,”terangnya.

Ajak Dukung Pemda KKT

Ketika jalan sehat yang digelar, PF mengajak seluruh masyarakat di Tanimbar untuk mendukung pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

“Ini bukan kampanye. Tidak ada agenda politik. Ini adalah ungka­-pan syukur kita, pertemuan keke­-luargaan kita dalam rangka men­-syukuri hari ulang tahun saya dan menyongsong kemerdekaan Re­-publik Indonesia,” kata PF, warta­wan, usai jalan sehat tersebut.

Fatlolon juga berpesan kepada peserta jalan sehat agar rapatkan barisan, mendukung pemerintah, menyelenggarakan pembangu­nan di semua bidang dari ujung Molu Maru sampai ke ujung Selaru.

“Dukungan dari masyarakat untuk pemerintah daerah sangat penting, sehingga cita-cita dan harapan masyarakat bisa terwujud,” tegasnya.

Diharapkan, masyarakat di KKT untuk menjadi pahlawan pemba­ngunan, sehingga memastikan agar keamanan dan ketertiban masyarakat dapat diwujudkan.

“Saya minta kepada kita semua untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, di lingkungan kita, di rumah kita masing-masing, di RT/RW, di setiap desa dan seantero Kabu­-paten Kepulauan Tanimbar. Kita harus menjadi pahlawan-pahla­wan pembangunan, menjaga kea­-manan dan ketertiban,” harapnya.

Fatlolon juga mengimbau kepada para relawan yang hadir untuk mengajak masyarakat agar peduli dan melayani sesama yang sedang membutuhkan bantuan.

“Kalau kita sudah laksanakan tiga hal tadi, maka kita sudah dapat dikatakan pahlawan-pahlawan Tanimbar. Sebagai putra-putri Tanimbar, kita wajib memberikan kontribusi nyata kepada negeri ini, kepada “Bumi Duan Lolat” yang kita cinta ini,” pungkasnya. (S-26)