AMBON, Siwalimanews – Fakultas Teknik Universitas Pattimura Ambon dipercayakan untuk menyelenggarakan The 12 th International Conference on Marine Technology tahun 2020.

Rektor Universitas Pattimura M J Saptenno dalam sambutannya memberikan apresiasi atas k pelaksanaan kegiatan seminar internasional ini dan berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan.

“Saya berharap Unpatti secara keilmuan dapat menerapkan ilmu juga yang didapatkan dari kegiatan seminar ini untuk fakultas teknik ke depan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Sapteno juga menyampailan terimah kepada setiap narasumber yang berpatisipasi dalam kegiatan ini.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Unpatti WR Hetharia turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya seminar dibidang teknologi kelautan pada kalangan regional asia dan yang disingkat menjadi Martec 2020.

Baca Juga: 8 Bulan Dosen Teknik Unpatti tak Digaji

“Yang megikuti kegiatan ini banyak yakni dari Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Belgia dan Thailand. Namun peserta kali ini banyak dari Eropa, Amerika dan Asia,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mengengembangkan industri kelautan untuk masa depan yang lebih baik melalui inovasi dan kreatifitas .

Ketua Panitia pelaksana seminar Chairman Latuny menambahkan, pelaksanaan seminar kali ini diselenggarakan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19.

“Kegiatan kali ini dilaksanakan tidak seperti biasa, dimana peserta langsung datang ke tempat konfrensi, sebab Martec ke 12 di tahun ini dalam kondisi covid, sehingga semua kegiatan dilakukan secara online,” jelas Latuny kepada wartawan disela-sela kegiatan tersebut, Kamis (15/10)

Persiapan pelaksanaan kegiatan ini memang sedikit sulit dikarenakan untuk menyesuaikan waktu, sebab pembicara dari Belgia dan Belanda mempunyai perbedaan waktu 9 jam dengan Ambon, sehingga sulit mengatur waktunya, bahkan juga ada pembicara dari Portugal dan Kostarica.

“Kegiatan untuk hari ini akan dibagi perkelas pararel secara virtual dan begitupun dihari kedua tetap sama dan untuk masing-masing pembicara akan membawakan makalah yang sudah dimasukan pada kegiatan ini,” ucapnya. (Mg-5)