AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Provinsi Maluku mengharapkan, eforia piala dunia tidak mengganggu ketertiban umum, apalagi saat ini umat Kristiani tengah memasuki minggu-minggu Adventus menjelang Natal.

Apalagi memasuki bulan Desember annti, dimana umat Kristen akan melaksanakan perayaan ibadah Natal, untuk itu diharapkan, eforia piala dunia, seperti pawai dan lainnya yang dilakukan para fans di Kota Ambon dan Maluku secara umum, tidak menganggu ketertiban dan ketentraman bagi umat Kristen yang melaksanakan momen tersebut.

“Memang semua masyarakat punya fans tertentu, tapi kita mengharapkan, apa yang dilakukan para fans itu, tidak mengakibatkan kerugian, baik bagi diri sendiri maupun keluarga. Karena dengan eforia, konvoi yang berlebihan, dapat mengakibatkan kecelakaan dan lainnya,” himbau Penjabat Sekda Maluku, Sadli Ie kepada Siwalimanews usia mengikuti pertemuan tahunan BI 2022, di Santika Hotel, Rbau (30/11).

Menurutnya, masyarakat boleh bereforia dan bergembira atas kemenangan tim yang diidolakan, tetapi ada baiknya itu dilakukan pada lingkungan masing-masing. Dengan itu juga tentu akan meminimalisir tingkat kecelakaan dijalanan serta tidak menganggu ketenangan, terutama bagi umat Kristen yang akan melaksanakan ibadah Natal, dan juga bagi masyarakat lainnya.

Sementara terkait ketersediaan sembilan bahan pokok memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru ini, Sadli mengingatkan masyarakat agar tidak panik, sehingga harus membeli kebutuhan pokok dalam jumlah banyak dan menumpuknya.

Baca Juga: TNI dan Polri di Tanimbar Gelar Patroli Gabungan

“Masyarakat tidak perlu panik, inflasi kita terkendali meski masih tinggi, tapi sudah menurun dari 6,8 ke 6,4, dan itu hal baik. Tapi untuk ketersediaan sembako, itu cukup. Untuk itu tidak perlu harus berbondong-bondong dan beli dalam jumlah banyak, karena itu justru akan memicu kenaikan harga sembako,” tandasnya. (S-25)