AMBON, Siwalimanews – Putri Pariwisata Perwakilan Kabupaten Tanimbar, Martina Monika Rumlaan, menjuarai Putri Pariwisata Maluku Tahun 2022 setelah melalui rangkaian sesi tanya jawab dan penilaian oleh para juri, saat malam puncak pemilihan Putri Pariwisata Maluku, yang berlangsung di Hotel The Natsepa, Minggu (17/7).

Monika Rumlaan dianugerahi gelar Putri Pariwisata setelah bersaing dengan 10 finalis dari masing-masing kabupaten/kota di Maluku, minus Kota Tual.

Ia terpilih atas dasar penilaian juri sejak para finalis dikarantina selama dua pekan. Tim juri menilai, Monika menjadi satu-satunya diantara kesepuluh finalis yang memenuhi tiga kriteria utama yakni kecantikan, perilaku dan kecerdasan, dimana saat masuk ke tahap lima besar, Monika Rumlaan mendapat pertanyaan terkait cara memajukan Pulau Banda sebagai destinasi wisata utama di Maluku.

Monika menjawab pertanyaan tersebut dengan singkat, padat dan jelas sehingga mudah dimengerti oleh para juri dan penonton.

Usai dianugerahi gelar Putri Pariwisata Maluku Tahun 2022, Monika Rumlaan mengaku sangat bangga atas pencapaiannya. “Saya sangat bangga dan bersyukur kepada Tuhan atas kemenangan ini,” katanya.

Baca Juga: Wagub: Kerja Sama Perlu Diperkuat

Dirinya berjanji akan memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk membantu pemerintah Provinsi Maluku memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata di Maluku. “Iya, dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, saya akan ikut membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata di Maluku ke kancah nasional maupun internasional,’ tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Daniel Indey yang juga menyaksikan langsung malam penganu­gerahan Putri Pariwisata Maluku tahun 2022 ini, memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih oleh Monika Rumlaan.

Dirinya berharap Monika selalu mendukung pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisata di Maluku secara khusus di Kabupaten Kepulauan Tanimbar agar semakin terkenal hingga ke seluruh dunia. “Semoga dengan terpilihnya Monika sebagai Putri Pariwisata Maluku Tahun 2022 ini bisa membawa, mempromosikan potensi wisata, seni budaya adat istiadat Maluku khusunya tenun Tanimbar ke tingkat nasional bahkan internasional dan dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan generasi muda yang kreatif, inovatif yang dapat meningkatkan potensi ekonomi kreatif dan keunggulan pariwisata di Maluku,” pinta Indey.

Untuk diketahui, juara dua Putri Pariwisata Maluku Tahun 2022  diraih oleh finalis dari Kabupaten Maluku Barat Daya, Serly Manuata sementara juara tiga diraih oleg finalis dari Kota Ambon, Olivia Inuhan. (S-08)