Pemerintah terus berupaya membangun kesadaran masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

Vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Di Maluku tercatat  ribuan warga yang sudah vaksin. Dan Kota Ambon sekitat 30 ribu lebih.

Vaksinasi di Kota Ambon secara massal di pantau langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dipusatkan di RSUP Leimena

Baca Juga: Ambon Masih Berlakukan PSBB Transisi

Pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari Covid-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, karena harus tetap taati.protokol.kesehatan, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19.

Selain itu, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini penting karena ada sebagian orang yang tidak bisa divaksin karena alasan tertentu.

Orang yang tidak dianjurkan untuk menerima vaksin atau tidak menjadi prioritas untuk vaksin Covid-19 antara lain anak-anak atau remaja berusia di bawah 18 tahun dan orang yang menderita penyakit tertentu, misalnya diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol.

Jadi, dengan mendapatkan vaksin Covid-19, kita idak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar kita yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona.

Vaksin Covid-19 memang dapat membawa banyak manfaat dengan melindungi kita dari infeksi virus Corona. Namun, perlu diketahui bahwa vaksin ini tidak diberikan kepada orang yang sedang sakit berat atau sudah terinfeksi virus Corona.

Kontribusi masyarakat dalam mendukung program vaksinasi ini sangatlah dibutuhkan. Melawan covid butuh komitmen bersama antara pemerintah dan  masyarakat. Pemerintah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam melindungi masyarakat dengan menyiapkan seluruh sarana dan prasarana kesehatan bagi masyarakat, menyamin keselamatan kesehatan masyarakat tetapi juga intens melakukan sosialisasi melalui berbagai kebijakan program untuk mengatasi kondisi virus corona yang kian hari meningkat kasusnya. Tetapi masyarakat juga diharapkan mendukung program pemerintah dengan mentaati protokol kesehatan.

Vaksin Covid-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa serta melumpuhkan aktivitas masyarakat, dan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan kondisi negara kita. (*)