AMBON, Siwalimanews – terhitung sejak bulan Juni hingga Juli tahun ini, gaji pegawai kontrak di Lingkup Pemerintah Kota Ambon, belum dibayar.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, yang dikonfirmasi Siwalimanews di Balai Kota, Jumat (11/8) membenarkannya, namun pemkot akan segera melakukan pembayaran dalam waktu dekat.

Walikota mengaku, pasca berakhirnya SK tenaga kontrak, pihaknya belum menganggarkan untuk pembayaran gaji khusus pegawai kontrak, hal inilah yang menjadi kendala.

“Karena belum ada anggaran untuk pembayaran gaji pegawai kontrak, pasca berakhirnya SK tenaga kontrak,” jelas walikota.

Namun dalam waktu dekat kata walikota, pihaknya menjamin akan melakukan pembayaran dua bulan sekaligus, atau lunas sesuai tunggakan yang belum dibayarkan, mengingat anggarannya sampai sekarang masih dalam proses pencairan.

Baca Juga: Guru dan Mahasiswa di MBD Dilatih Susun Karya Ilmiah

“Kemarin itu karena belum dianggarkan. Saya sudah sampaikan beberapa kali disetiap apel pagi, namanya juga belum dianggarkan, berarti belum ada uangnya, karena itu kita tunggu uang masuk, secepatnya kita bayarkan. Kalau kemarin dianggarkan baru kita tidak bayar, itu kita salah,” tandas walikota.

Namun, dirinya kembali menegaskan, bahwa pasca berakhirnya SK pegawai kontrak, pihaknya belum menganggarkan belanja pegawai untuk kebutuhan gaji pegawai kontrak.

“Inikan kemarin dianggarkan hanya 6 bulan, bayar gaji 13 untuk 1 bulan, berarti sisa 5 bulan yang mereka terima, jadi 5 bulan gaji sudah ditambah 1 bulan gaji 13, berartin 6 bulan. Itu artinya, bulan Juni-Juli 2023, belum dibayar. Sabar saja pasti dibayar satu dua hari ini,” janji walikota.(S-25)