BULA, Siwalimanews – DPC PDIP Kabupaten Seram Bagian Timur telah membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk pemilihan kepada daerah 27 November mendatang. Hingga saat itu sudah dua bakal calon bupati mengambil formulir pendaftaran.

Kedua balon tersebut yakni, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur yang memberikan mandat kepada tiga orang timnya Irsat Rumagia, Muhammad Kelian dan Ikbal Rumarugun Atang serta Anggota DPRD Provinsi Maluku Jemmy Pattisilano, dengan mengutus perwakilan tiga orang  dari keluarganya sendiri untuk datang mengambil formulir pendaftaran.

Ketua DPC PDIP SBT, Arobi Kelian mengatakan, untuk PDIP sendiri sudah melakukan pendaftaran dari tanggal 14-16 April. Sementara terkait untuk pengambilan formulir dan pendaftaran hari ini Rabu, (17/4) sampai 30 April atau 14 cari kerja.

“Untuk penjaringan bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah nantinya setelah tanggal 30 itu siapa- siapa bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati di daerah ini yang mengambil formulir pendaftaran akan mengembalikan pada tanggal 30 April. Itu siapa- siapa saja yang nanti kita lihat, baru nanti akan kami laporkan ke DPD maupun DPP Partai PDIP,” ungkapnya, kepada Siwalimanews- melalui telepon selulernya Rabu, (17/4).

Dikatakan, PDIP membuka pendaftaran bukan saja di Kabupaten Seram Bagian Timur sendiri, tapi untuk semua 11 kabupaten/kota di Maluku itu secara serentak.

Baca Juga: Bidik UP3, KPK Panggil Sejumlah Pejabat KKT

“Untuk 14 hari ini kita kasih kesempatan kepada putra- putri di Kabupaten Seram Bagian Timur, yang ingin mengambil bagian untuk mengikuti kontestasi politik pada Pemelihan Kepala daerah serentak 27 November 2024, maka kita kasih kesempatan sampai tanggal 30 April,” ujarnya.

Kelian mengaku, hari ini misalnya, kalau sudah mengambil formulir pendaftaran berarti besok sudah bisa mengembalikan, karena pengembalian formulir itu tanggal 18 – 30 April, sedangkan pendaftaran mulai dari tanggal 17 – 30 April.

Kelian menegaskan, selain kader partai, PDI Perjuangan memberikan ruang kepada putra putri terbaik dari SBT  untuk mendaftarkan diri ke PDI Perjuangan.

“Dari partai PDI Perjuangan kami terbuka untuk siapa saja bagi warga negara Indonesia yang mempunyai visi misi yang sama dengan partai, punya ideologi yang sama dengan PDI Perjuangan,” terangnya.(S-27)