AMBON, Siwalimanews – Komisi I DPRD Provinsi Maluku siap mendukung penuh kebutuhan anggaran bagi penyelenggaraan pemilihan umum dan pilkada serentak 2024 mendatang.

Dukung lembaga parlemen ini diungkapkan Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Michael Tasane kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (14/1) pasca audiensi yang dilakukan KPU Provinsi Maluku.

KPU Provinsi Maluku secara umum telah menyampaikan kebutuhan anggaran pendukung pemilu 2024 sebesar 5.8 miliar kepada pimpinan DPRD yang nantinya ditindaklanjuti oleh Komisi I bersama Pemprov Maluku.

Menurutnya, usulan anggaran tersebut sangat realistis mengingat pemilu 2024 merupakan tahapan serentak yang membutuhkan dukungan dana yang cukup guna menjamin terlaksananya pemilu yang berkualitas di Maluku.

“KPU sudah sampaikan 5.8 miliar, prinsipnya Komisi I tetap mendukung penuh dan nanti hari Rabu kita akan undang Sekda, Bapedda, Keuangan, Kesbangpol dan KPU untuk duduk bersama membahasnya usulan anggaran tersebut,” tegas Tasane.

Baca Juga: Tanah Labil, Warga Dihimbau tak ke Pulau Baru

Dijelaskan, usulan tersebut telah termasuk didalamnya anggaran untuk non tahapan seperti monitoring dan konsolidasi bersama KPU seluruh kabupaten dan kota, sehingga diharapkan dengan dukungan pemerintah daerah, KPU Maluku dapat bekerja maksimal untuk menjamin pemilu yang jujur, adil dan berkualitas.

Komisi I kata Tasane juga mendukung penuh setiap kebijakan yang dilakukan KPU Provinsi termasuk terkait dengan perubahan nomor dapil sepanjang kebijakan yang ditempuh sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita siap back-up semua yang dilakukan KPU demi pemilu yang berkualitas,” ucap Tasane.(S-20)