AMBON, Siwalimanews – Menghadapi kondisi ekonomi yang demikian sulit saat ini pasca Ba­han Bakar Minyak naik dan dipicu dengan ke­naikan tarif angkutan maupun harga sembilan bahan pokok, anggota DPRD Maluku meminta, Pemprov Maluku perkuat program pemberdayaan masyarakat.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Ma­luku Rovik Akbar Afi­fuddin, Pemprov Malu­ku untuk lebih memper­kuat program-program pem­berdayaan bagi masyarakat.

Pasalnya, pasca pandemi Covid-19 yang diikuti dengan naiknya harga BBM akhir-akhir ini, telah menjadi per­masalahan baru bagi masya­rakat secara khusus di Kota Ambon, sesuai dengan aspirasi yang disampaikan warga kepada komisi yang dipimpinnya.

“Banyak keluhan masyarakat ter­kait program pemberdayaan, terma­suk dengan naiknya BBM yang dirasakan dampaknya cukup besar,” kata Rovik kepada Siwalima di ruang kerjanya, Jumat (9/9).

Dikatakan, kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh Pemerintah Pu­sat sudah pasti akan memicu kenai­kan pada aspek-aspek ekonomi lain, seperti harga sembilan bahan pokok hingga tranportasi yang telah ter­jadi.

Baca Juga: GMKI Demo Desak Cabut Kebijakan Kenaikan BBM Bersubsidi

Walaupun demikian, kenaikan BBM merupakan kebijakan Pemerin­tah Pusat yang wajib diikuti oleh daerah, tetapi pemerintah daerah perlu juga untuk memperbanyak program-program yang bertujuan untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat.

“Apalagi, kebijakan menaikkan harga BBM tidak diimbangi dengan peningkatan pendapatan masyara­kat, artinya perlu ada dukungan terhadap usaha masyarakat yang harus diberdayakan, agar pendapa­tan masyarakat juga dapat bergerak meningkat,” ucap Rovik.

Rancangan APBD tahun 2023 mendatang, lanjut Rovik, harus diarahkan pada program pemberda­yaan yang lebih sistematis guna menekan peningkatan inflasi akibat dari kenaikan harga BBM.

“Kita akan diskusikan langkah yang mesti diambil Pemprov Maluku dengan mengefektifkan APBD 2023, agar bisa mendorong program pem­ber­dayaan masyarakat,” tegas Rovik.

Politisi yang digadang-gadang bakal maju sebagai calon Wakil Wali­kota Ambon ini menambahkan, pihaknya tidak akan menutup mata dengan persoalan yang dihadapi mas­yarakat, karenanya bersama pemerin­tah, dirinya akan berjuang untuk kesejahteraan masyarakat. (S-20)