AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku meminta masyarakat Maluku untuk mensukseskan sensus penduduk 2020.

Pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 telah siap dilakukan oleh Badan Pusat statistik Maluku, ditengah permasalah nasional berkaitan dengan virus corona.

Anggota DPRD Provinsi Maluku, Hengki Pelatta mengungkapkan, pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 merupakan program tahunan pemerintah dalam rangka melakukan suatu verifikasi, terkait dengan keberadaan penduduk di Indonesia termasuk di Maluku,”  jelas Pelatta kepada Siwalima  melalui telepon selulernya, kemarin.

Sesungguhnya, lanjutnya, pelaksanaan sensus penduduk tahun ini dilakukan dalam kondisi bangsa dan negara, sementara tidak stabil akibat pandemi virus corona yang telah menyebar hampir seperdua provinsi di Indonesia.

Menurutnya, petugas sensus penduduk akan menghadapi tantangan yang cukup besar karena nantinya, masyarakat enggan bertemu dan bertatap muka dengan petugas sensus

Baca Juga: Awasi Pintu Masuk, Pemda Bursel Bentuk 10 Pos

“Sensus penduduk merupakan agenda tahunan jadi tetap ditaati oleh masyarakat, tetapi cuma perlu digaris bawahi bahwa situasi penyebaran virus corona ini juga akan cukup mempenggaruhi orang untuk perjumpaan,” tambah Pelatta.

Politisi partai Hanura ini meng­himbau, agar masyarakat dapat mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk yang dilakukan nantinya.

“Jadi katong selaku wakil rakyat di DPRD Provinsi Maluku berharap, dengan situasi yang seperti ini juga sensus penduduk dapat berjalan dengan baik. Olehnya itu kami meminta dukungan penuh dari seluruh masyarakat Maluku,” pungkas Ketua Fraksi Hanura ini.

Pada prinsipnya, tambahnya, warga masyarakat Maluku harus bersedia menerima para petugas sensus yang datang ke rumah masing-masing, walaupun dalam kondisi seperti ini, demi kepenti­ngan bersama di Maluku. (Mg-4)