AMBON, Siwalimanews – DPRD menilai masyarakat kota ambon tidak pernah sadar akan kebersihan karena padahal segala upaya sudah dilakukan pemerintah.

Fakta di lapangan masalah sampah belum dapat tertangani dengan baik karena masyarakat yang belum menyadari himbauan pemerintah.

Anggota DPRD Provinsi Maluku Edison SarimanelLa mengingatkan pemerintah untuk lebih tegas dalam pengelolaan masalah persampahan.

“Jadi keberhasilan pengelolaan persampahan akan sangat tergantung dari kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah pada tempatnya, akibatnya pada lokasi-lokasi tertentu terjadi penumpukan yang luar biasa banyak,” urainya.

Menurutnya apalagi Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan terkendala dengan persoalan armada pengangkutan yang terbatas maka harus ada ketegasan dari pemerintah artinya Pemkot tidak boleh lembek dalam pengelolaan sampah.

Baca Juga: Sekda Janji Segera Sampaikan APBD 2023

Menurutnya, sudah saatnya pemkot menggunakan sarana CCTV pada lokasi-lokasi yang selama ini dilarang untuk masyarakat membuang sampah sebab kenyataannya ketika tumpukan sampah diangka masih saja masyarakat membuang padahal lokasi tersebut dilarang oleh pemerintah.

“Pemkot harus tegas jangan lembek dalam masalah sampah, kalau bisa gunakan CCTV untuk memantau masyarakat yang tetap saja membuang sampah dilokasi yang dilarang, sebab kalau tidak begitu sama saja,” tegasnya.

Lanjutnya, Perda persampahan secara tegas mewajibkan masyarakat untuk membuang sampah dilokasi yang disediakan dan ketika ada masyarakat yang melanggar maka harus dihukum sehingga pengawasan harus lebih ketat dari pemerintah agar ada efek jerah bagi masyarakat yang melanggar.

“Kalau tidak pasang pos penjagaan seperti yang dilakukan penjabat di Passo maka harus pasang CCTV untuk awasi secara ketat agar ada efek heran kepada masyarakat yang membuang sampah sembarang,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya ketegasan dari pemerintah maka cita-cita menjadikan Ambon yang bersih dapat tercapai.(S-20)