AMBON, Siwalimanews – DPRD menghimbau masyarakat khususnya nelayan untuk tetap waspada saat melaut mengingat kondisi gelombang tinggi masih terjadi dan mengancam kesela­matan nelayan.

Himbauan ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Mel­kianus Sairdekut kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (31/8).

“Kita ingatkan semua masyarakat khususnya para nelayan untuk tetap waspada saat melaut,” himbau Sairdekut menanggapi kejadian hilangnya beberapa nelayan saat melaut di sejumlah daerah.

Menurutnya, himbauan waspada bagi para nelayan ini perlu disam­paikan karena, kondisi cuara diperairan Maluku akhir-akhir ini memang tidak menentu, artinya tidak ada satu lembaga pun yang dapat memastikan perubahan cuaca, sehingga kewaspadaan ini harus tetap diutamakan oleh masyarakat.

“Saya juga minta Basarnas untuk tetap tanggap dengan semua kondisi alam akhir-akhir ini, agar ketika ada kecelakaan laut yang dialami oleh masyarakat, maka tindakan cepat dapat dilakukan,” tuturnya.

Baca Juga: PTI Maluku Ngadu ke DPRD Soal Pembatasan Solar

Menurutnya, selama ini Basar­nas telah berupaya maksimal untuk membantu pencarian korban kecelakaan laut, karena itu harus diapresiasi, tetapi disamping itu, perlu juga tanggap dengan semua kondisi.

“Yang pasti kita apresiasi sikap siaganya Basarnas, tetapi kita juga minta agar tetap tanggap dengan kondisi apapun,” tandasnya. (S-50)