AMBON, Siwalimanews – DPRD mendukung salah satu inovasi yang dibuat sekelompok pemuda di kawasan Skip RT 01, Kelurahan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Menurut anggota Komisi I DPRD Kota Ambon, Jelly Toisutta memberikan apresiasi yang baik bagi para pemuda di Skip yang telah membuat tempat Baukup.

“Kami mendukung untuk fasilitas yang telah dibuat karena bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Toisutta ketika diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (9/4).

Toisutta yang juga warga Skip membenarkan, lokasi ukup yang digunakan masyarakat, tetapi dari segi kesehatan harus dikaji lagi.

“Dari segi kesehatan harus dikaji dulu lebih baik oleh tim medis,” tuturnya.

Baca Juga: Bulog Harus Tanggung Jawab Awasi Gula di Pasar  

Dikatakan, jika virus corona terkena suhu panas, maka virusnya akan mati, tetapi ini masih wacana. “Untuk Iran adalah negara yang memiliki suhu cukup panas, tetapi kenyataannya banyak yang positif virus Covid-19. Sehingga harus ditindaklanjut oleh tim medis,” katanya.

Sementara itu, Meirel Leihutu, pria 37 tahun yang memiliki inovasi pembuatan tempat ukup ini mengungkapkan, tempat ukup yang dibangunnya adalah gratis bagi masyarakat. dan ini dibangun dengan  tujuan yang baik.

“Tempat ukup ini sudah di kenal dari dulu dan siapa saja yang mau datang untuk menggunakan fasilitas ini katong tarima tanpa dipungut biaya,” katanya.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Ambon telah menghimbau warga Kota Ambon untuk berjemur di panas sebagai salah satu cara meningkatkan imun tubuh, sehingga dari situlah pemuda Skip ini membuat tempat ukup tersebut.   “Kita menggunakan daun Pala, buah Pala, daun Sirsak, daun Cengkeh, daun Kayu Putih, Kayu Manis, Lengkuas dan Jahe,” katanya.

Untuk mendapatkan hasil ukupan yang maksimal, ia membuat pipa yang disalurkan pada bilik ukup yang dikhususkan untuk satu orang dan dimasak dengan kompor, dimana uang daun-daun tersebut akan masuk ke dalam bilik ukupan yang dibuat juga secara sederhana.

Nengsi salah satu warga Skip mengaku merasa badannya fit usai melakukan proses ukup.

“paleng panas di dalam sauna ukup ini tapi beta tahan rasa panas saja supaya badan bisa rasa enak,” katanya. (Mg-5)