AMBON, Siwalimanews – DPRD Kota Ambon akan mendorong Dinas Pendidikan untuk menyiapkan fasilitas bagi siswa yang tak memiliki fasilitas smartphone atau laptop saat menghadapi sistim pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Selain itu, Dinas Pendidikan juga harus memberikan perhatian khusus serta mengambil langkah preventif dalam membantu siswa yang tak miliki fasilitas untuk modul pembelajaran daring atau PJJ.

“Kenyataan membuktikan bahwa masih ada siswa dari keluarga miskin di kota ini sangat kesulitan hadapi sistem pembelajaran berbasis digital ini. Karena mereka tak miliki smartphone atau laptop untuk belajar menggunakan metode daring,” tandas Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Belakang Soya, Kamis (30/7).

Menurutnya, jika para siswa ini tak diberi perhatian, maka dikhawatirkan, perkembangan akademik mereka akan menurun hanya dikarenakan tak miliki fasilitas pendukung.

Untuk itu, siswa yang tak miliki fasilitas daring pemerintah harus memfasilitasinya. Caranya adalah, pemerintah menyiapkan anggaran untuk membelikan smartphone dan paket data, agar mereka bisa mengikuti program PJJ ini secara baik, atau minimal ada solusi lain untuk menyelamatkan siswa-siswa ini.

Baca Juga: Dinas P&K Diminta Perhatikan Kualitas Pendidikan

“Kita harus berpikir untuk membantu mereka khusus warga masyarakat yang kurang mampu di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang berdampak besar terhadap ekonomi dan dunia pendidikan kita,” ucapnya. (Mg-5)