AMBON, Siwalimanews – Wakil ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut, mendesak Dinas Kesehatan untuk segera membayar honor para relawan, khususnya yang melayani proses pemakaman pasien covid-19.

Desakan ini disampaikan Sairdekut kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (13/10), merespon adanya informasi bila Dinas Kesehatan belum membayar 30 relawan Covid-19 yang terdiri dari 20 petugas PMI dan 10 petugas tagana.

“Yang pasti ketika kita mendengar informasi tentang adanya relawan Covid-19 yang berjumlah 30 orang ini belum dibayar honor mereka sejak bulan Juli lalu, maka kita desak Dinkes untuk bayar mereka,” tegas Sairdekut.

Menurutnya, anggaran untuk petugas relawan Covid-19 yang bertugas melakukan proses pemakaman ini sudah dianggarkan, maka tidak ada pilihan lain bagi Dinkes, karena itu Dinkes harus segera membayarnya, apalagi mereka telah menjalankan tugas dengan baik selama pandemi covid-19 melanda Maluku.

“Kalau sudah dianggarkan yah bayar, jangan ditahan-tahan,” ucap Sairdekut.

Baca Juga: Masela Desak Gubernur Prioritaskan Hak Masyarakat Negeri Waai

Selaku Ketua Tim I Pengawasan Covid-19 DPRD Maluku, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait persolan ini, agar secepatnya diselesaikan. Jika belum juga dibayarkan, maka DPRD akan memanggil pihak-pihak yang bertanggungjawab dalam persoalan ini.

“Kita akan koordinasi, tapi kalau belum dibayarkan juga, setelah semua agenda DPRD tuntas kita akan panggil semua pihak,” janji Sairdekut. (S-50)