AMBON, Siwalimanews – Komisi III DPRD Provinsi Maluku memastikan, KMP Teluk Ambon yang melayani lintasan Waai-Kailolo telah resmi beroperasi memenuhi kebutuhan masyarakat di Pulau Haruku.

Penegasan ini disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku M Hatta Hehanussa kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (13/10) menindaklanjuti hasil pertemuan bersama mahasiswa serta forum aliansi masyarakat Hatuhaha Kabupaten Maluku Tengah, terkait dengan tidak beroprasinya KMP Teluk Ambon yang melayani rute Waai-Kailolo.

“Jadi memang PD Panca Karya telah memberikan kepastian dalam rapat, bahwa mulai Senin (11/10) kemarin PD Panca Karya telah melakukan pengoprasian KMP Teluk Ambon sesuai rute pelayarannya dan itu sudah berjalan,” ujar Hehanusa.

Menurutnya, berdasarkan laporan PD Panca Karya, KMP Teluk Ambon sudah dapat melayani kembali kebutuhan masyarakat khususnya di Pulau Haruku, sehingga perekonomian masyarakat disana dapat kembali normal.

Atas beroperasinya KMP Teluk Ambon, Hehanussa meminta agar pelaksanaan pengoprasian armada milik Pemda Maluku ini, harus dapat memperhatikan jadwal dan rute kapal dengan baik, sehingga tidak merugikan masyarakat.

Baca Juga: Kadispora Optimis Medali PON Bertambah

Komisi III juga telah memberikan warning kepada PD Panca Karya, terutama dalam kaitan dengan kesiapan kapal, sehingga tidak terulang kembali kejadian serupa, artinya jadwal kapal harus tetap ada, dan sebaliknya, jika tidak dapat beroperasi, maka wajib disampaikan pengumuman kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi yang pasti.

Politisi Gerindra ini juga berharap, fasilitas pendukung pada pelabuhan Hunimua dan pelabuhan lainya kiranya dapat dibenahi.

“Kami berharap pihak terkait seperti Balai dapat berkoordinasi dengan pihak ASDP sebagai pemilik agar dapat melihat kondisi ini, serta bekerja sama pula dengan pemerintah kabupaten,” harapnya. (S-50)