AMBON,Siwalimanews – Anggota DPRD Pro­vinsi Maluku, Hengky Pelata memberikan apre­siasi kepada Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjah­janto yang sudah memberikan keperca­yaan kepada putra ter­baik Maluku, Mayjen TNI Jeffry Rahawarin Panglima Kodam XVI Pattimura.

Pelata beraharap, kehadiran Raha­warin mampu memberikan harapan yang baik bagi Maluku teristimewa generasi muda Maluku. “Dengan kehadiran beliau dapat memberikan harapan yang cukup baik bagi kami generasi muda di Maluku teristi­mewa generasi muda Maluku yang memiliki inspirasi menuju kepada seorang prajurit yang besar seperti beliau,” kata Pelata kepada Siwalima Rabu(24/2).

Rahawarin diharapkan juga mem­berikan kenyamanan di Provinsi Maluku khususnya Kota Ambon. “Semoga kehadiran pak Jeffry dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang lebih baik lagi. DPRD pastikan akan mendukung seluruh kebijakan Pangdam XVI Pattimura,” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan anggota DPRD Provinsi Maluku lainnya Freddy Rahakbauw. Politisi Golkar ini berterima kasih kepada Panglima TNI yang sudah meng­angkat salah satu putra daerah sebagai Pangdam XVI Pattimura.

“Kita memberikan apresiasi dan dukungan. Kita berharap Pangdam yang baru ini dapat mampu menjaga stabilitas keamanan di wilayah Ma­luku. Kehadiran Mayjen Jeffry Ra­hawarin semoga dapat membangun kerja sama dengan semua elemen masyarakat, entah itu pemerintah daerah, DPRD dan  toko-toko adat, pemuda, agama dan lainnya,” tandas Rahakbauw.

Baca Juga: DPRD Dukung Kongres Permahi IX di Maluku

Julius Toisutta Anggota DPRD Kota Ambon mengaku bangga, ka­rena masih ada putra Maluku yang diberikan kepercayaan pemerintah pusat memimpin Kodam XVI Pattimura.

“Diharapkan meningkatkan siner­gitas dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan di daerah. Pangdam yang baru harapan kami tegas menjaga kedaulatan bangsa, menciptakan situasi yang aman dan kondusif bagi semua rakyat di Provinsi Maluku,” pungkasya.

Sekretaris Umum MPH Sinode GPM, Pendeta Elifas Maspaitella mengatakan, semua pelayan dan jemaat GPM di Maluku dan Maluku Utara menyambut dengan sukacita atas penugasan Mayjen TNI Jeffry Rahawarin sebagai Pangdam XVI/Pattimura.

“Kita berharap agar jalinan kerja sama yang telah terbina selama ini dengan TNI semakin meningkat guna memastikan konsolidasi TNI dan masyarakat dalam mengawal proses berbangsa dan bernegara. Juga terima kasih yang tulus kepada Mayjen Agus Rohman atas pengab­diannya bagi bangsa dan masya­rakat di Maluku dan Maluku Utara,” ujar Maspaitella.

Direktur Maluku Crisis Center (MCC), Muhamad Ikhsan Tualeka mengatakan  tentu sebagai bagian dari keluarga besar masyarakat Maluku mengapresiasi penunjukan Rahawarin Pangdam Pattimura.

‘’Saya mengapresiasi penunjukan Mayjen TNI Rahawarin sebagai Pangdam Pattimura. Ini bukan saja sejarah baru bagi orang Maluku yang punya Pangdam putra asli daerah. Tapi juga dapat turut memotivasi generasi muda Maluku untuk turut maju mengejar mimpi. Bahkan dalam konteks yang lebih jauh juga menunjukan bahwa SDM dari Maluku juga mampu bersaing dan diberikan tempat yang sama dalam membangun bangsa ini. Saya ucapkan selamat bertugas Kapada Mayjen Rahawarin di tanah potong pusa, Maluku. Terus berprestasi dan membanggakan orang Maluku,” ujar Tualeka.

Ketua DPD KNPI Provinsi Ma­luku M. Faisal Saihitua mengatakan DPD KNPI Maluku sangat mengap­resiasi penunjukan Mayjen TNI Jeffry Rahawarin sebagai Pangdam XVI Pattimura yang baru.

“Ini merupakan langkah yang sangat tepat yang dilakukan oleh pu­cuk pimpinan TNI AD. Masya­rakat Maluku sudah sangat lama me­rindukan putra terbaik daerah je­bolan lembah tidar untuk memimpin Kodam XVI/Pattimura,” jelas Sai­hitua.

Seperti diberitakan sebelumnya, rotasi terhadap sejumlah  pejabat di lingkungan TNI-AD kembali terjadi. Kali ini  Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan rotasi tersebut, salah satunya Pangdam XVI/Pattimura dari pejabat lama Mayjen TNI Agus Rohman kepada pejabat baru Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin.

Putra Maluku dari Kepulauan Kei itu ditunjuk menjabat Pangdam XVI/Pattimura menggantikan Mayje TNI Agus Rohman yang belum setahun menjabat Pangdam XVIPattimura.

Staf Ahli  Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Kemenkopolhukam ini diberikan tanggung jawab baru mengawaki Kodam XVI/Pattimura beradasarkan Surat Telegram Panglima TNI Se­lasa, 23 Februari 2021.

Mayjen TNI Agus Rohman selan­jutnya akan menempati jabatan baru sebagai Pangkogabwilhan III. Ke­pala Penerangan Kodam (Kapen­dam) XVI/Pattimura, Kolonel Arm Stefie  Nuhujanan yang dikonfirmasi semalam membenarkan mutasi tersebut.

“Iya benar ada mutasi pergantian Pangdam. Mutasi itu baru saja hari ini (kemarin red). Penggantinya Mayjen Jeffri Rahawarin,” ujar Kapendam.

Mayjen TNI Jeffry Apoly Raha­warin lahir di Ambon, 21 Januari 1964 atau saat ini berusia 55 tahun. Putra Kei itu adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 20 Desember 2018 mengemban amanat sebagai Asdep Koordinasi Doktrin dan Stra­tegi Pertahanan Kemenko Polhukam.

Rahawarin, lulusan Akmil 1988 ini berpengalaman dalam Infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini ini adalah Staf Ahli  Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Kemenkopolhukam.

Berikut ini riwayat jabatan Raha­warin diantaranya Dandim 0405/Lahat, Asintel Kasdam II/Sriwijaya (2010). Kepala Bidang Pemilu Le­gis­latif dan Presiden/Wakil Presiden pada Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu Kemenkopolhukam (2012). Asdep Koordinasi Intelijen Pertaha­nan Kemenkopolhukam (2018). Asdep Koordinasi Doktrin dan Stra­tegi Pertahanan Kemenko Polhukam (2018) dan Staf Ahli  Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Kemenkopolhukam (2020-2021). (S-39/S-51)