AMBON, Siwalimanews – Komisi IV DPRD Provinsi Maluku memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Atapary kepada wartawan di sela-sela penyerahan hewan kurban dipelataran Masjid Al Fatah Ambon mengatakan, pihaknya sangat serius dalam mengawasi pelaksanaan haji 2023, sejak jamaah calon haji di Ambon hingga diberangkatkan dari Makassar.

“Secara keseluruhan mulai dari penyiapan kuota, kedatangan jamaah ke asrama haji Waiheru hingga keberangkatan berjalan dengan baik, tidak ada satu pun kendala yang terjadi termasuk di embarkasi Makassar, semua berjalan sesuai dengan rencana,” ungkap Samson.

Pengawasan yang ketat kata Samson, dilakukan Komisi IV, mengingat tahun 2024 Kementerian Agama akan menetapkan Ambon sebagai embarkasi haji antara. Bahkan pelayanan yang diberikan oleh panitia haji tahun 2023 sangat baik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang paling banyak dikeluhkan oleh JCH.

Apalagi, untuk musim haji tahun 2023 didominasi oleh lansia yang membutuhkan pelayanan khusus dari panitia, tetapi setelah dikroscek ternyata JCH lansia sangat puas dengan pelayanan yang diberikan.

Baca Juga: Pemkot Salurkan Puluhan Ekor Hewan Kurban ke Sejumlah Masjid

“Pengakuan lansia cukup baik pelayanan panitia jamaah haji, termasuk dengan dukungan anggaran Rp9 miliar untuk carter penerbangan, bahkan pelayanan mulai di Asrama Haji Waiheru hingga pulang nantinya,” jelasnya.

Komisi IV menurut Samson, telah melihat langsung pelayanan yang dilakukan di embarkasi haji Makassar, termasuk titik kelemahan dan kekurangannya agar menjadi catatan bagi Komisi IV, pemerintah daerah dan Kanwil Kemenag.

Untuk menjadikan Ambon sebagai embarkasi haji antara lanjut Samson, maka semua kelemahan dan kekurangan harus diperbaiki sebelum tim visitasi Kementerian Agama turun melihat Asrama Haji Waiheru.(S-20)