AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut memastikan pekan depan pihaknya segera melakukan pengawasan terhadap seluruh proyek dan kegiatan yang dibiayai dengan APBD maupun APBN tahun 2022.

“Untuk pengawasan kita rencanakan tanggal 15 hingga 17 Februari, setelah ini kita akan konsolidasi badan musyarawah untuk memutuskan kepastian agenda pengawasan ke 11 kabupaten dan kota,” ungkap Sairdekut kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Sabtu (11/2).

Dijelaskan, untuk memulai seluruh tahapan pengawasan APBD dan APBN maka seluruh Komisi akan melakukan rapat kerja dengan mitra masing-masing guna mendapatkan data terkait dengan setiap program dan kegiatan yang telah direalisasikan.

Kata Sairdekut, DPRD telah bertekad untuk melakukan pengawasan lebih dahulu sebelum masuk dalam agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertangungjawaban dan Laporan Pertanggungjawaban Gubernur Maluku tahun 2022.

Hal ini dimaksudkan agar seluruh hasil pengawasan yang ditemukan oleh masing-masing komisi di lapangan dapat dicocokan dengan laporan keterangan pertanggungjawaban pemerintah daerah agar ada transparansi dalam setiap penggunaan anggaran daerah.

Baca Juga: Banjir Hantam Ratusan Rumah di SBB

“DPRD memang harus memastikan antara laporan yang disampaikan oleh Pemda dengan kondisi realisasi APBD dan APBN dilapangan tahun 202 sudah sesuai atau tidak,” tegas Sairdekut.

Politisi Gerindra Maluku ini menegaskan, dalam agenda pengawasan DPRD akan tetap fokus untuk secara cermat melihat dan menilai kesesuaian antara program dan kegiatan yang direncanakan dalam APBD dengan realiasi ditengah-tengah masyarakat.(S-20)